Kontribusi Kemampuan Membaca Apresiatif Teks Cerpen terhadap Keterampilan Menulis Teks Cerpen Siswa Kelas VII SMP Negeri 26 Padang

Nengsi, Yendri Surya (2019) Kontribusi Kemampuan Membaca Apresiatif Teks Cerpen terhadap Keterampilan Menulis Teks Cerpen Siswa Kelas VII SMP Negeri 26 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_Yendri_Surya_Nengsi_1305270_4373_2019.pdf

Download (711kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini ada tiga. Pertama, mendeskripsikan kemampuan membaca apresiatif teks cerpen siswa kelas VII SMP Negeri 26 Padang. Kedua, mendeskripsikan keterampilan menulis teks cerpen siswa kelas VII SMP Negeri 26 Padang. Ketiga, mendeskripsikan kontribusi kemampuan membaca apresiatif teks cerpen terhadap keterampilan menulis teks cerpen siswa kelas VII SMP Negeri 26 Padang. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode deskriptif. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain kontribusi. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 26 Padang yang terdaftar pada tahun ajaran 2017/2018, yaitu 226 orang siswa. Sampel dalam penelitian ini ditentukan dengan proportional random sampling 20% dari populasi, yaitu 40 orang siswa. Data penelitian ini berupa skor hasil tes kemampuan membaca apresiatif teks cerpen dan skor hasil tes keterampilan menulis teks cerpen. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini ada dua, yaitu tes objektif dan tes unjuk kerja. Hasil penelitian ini ada tiga. Pertama, kemampuan membaca apresiatif teks cerpen siswa kelas VII SMP Negeri 26 Padang berada pada kualifikasi baik (B) dengan nilai rata-rata 82,01. Kedua, keterampilan menulis teks cerpen siswa kelas VII SMP Negeri 26 Padang berada pada kualifikasi baik (B) dengan rata- rata 80,94. Ketiga, terdapat kontribusi kemampuan membaca apresiatif teks cerpen terhadap keterampilan menulis teks cerpen siswa kelas VII SMP Negeri 26 Padang sebesar 84,82%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa kemampuan membaca apresiatif teks cerpen berkontribusi terhadap keterampilan menulis teks cerpen. Semakin baik kemampuan membaca apresiatif teks cerpen akan semakin baik pula keterampilan menulis teks cerpen. Dengan demikian, untuk terampilan menulis teks cerpen siswa kelas VII SMP Negeri 26 Padang, diperlukan kemampuan membaca apresiatif yang baik pula.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 14 Oct 2019 06:56
Last Modified: 14 Oct 2019 06:56
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/23641

Actions (login required)

View Item View Item