Nia, lntan (2019) Literasi Informasi Siswa Kelas X Jurusan Administrasi Perkantoran di SMK Nusatama Padang. Diploma thesis, Universitas Negeri Padang.
|
Text
A_07_Intan_Nia_16026032_3501_2019.pdf Download (584kB) | Preview |
Abstract
Penulisan makalah ini bertujuan mendeskripsikanliterasi informasi siswa Kelas X Jurusan Administrasi Perkantoran di SMK Nusatama Padang. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif, yaitu mengumpulkan data langsung dengan menyebarkan kuesioner pada siswa Kelas X Jurusan Adminitrasi Perkantoran di SMK Nusatama Padang. Berdasarkan penganalisisan data dapat disimpulkan bahwaliterasi informasi siswa Kelas X Jurusan Administrasi Perkantoran di SMK Nusatama Padangdilihat menggunakan teori The Big6 yang terdiri dari Task definition (definisi tugas), information seeking strategies ( strategi pencarian informasi), location and access (lokasi dan akses), use information (penggunaan informasi), synthesis (sintesis) dan evaluation (evaluasi) masih kurang baik. Pertama, siswa masih banyak yang menggunakan smartphone dan media sosial lainnya sebagai sarana untuk hiburan daripada untuk belajar. Kedua, dalam pencarian informasi masih banyak siswa yang tidak mengurutkan tingkatan dan tahapan dalam literasi informasi. Ketiga, dalam penggunaan informasi masih banyak siswa yang menggunakan informasi tidak sesuai dengan kebutuhan yang seharusnya. Jadi, dari hasil yang didapatkan dapat dikatakan bahwa siswa kelas X Jurusan Administrasi Perkantoran di SMK Nusatama Padang masih kurang memahami dan kurang mampu menggunakan literasi informasi yang sebenamya sehingga siswa bisa dikategorikan gagal dalam literasi informasi.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Ilmu Informasi, Perpustakaan dan Kearsipan - D3 |
Depositing User: | Sudia Ajjronisa S.Sos. |
Date Deposited: | 10 Oct 2019 03:11 |
Last Modified: | 10 Oct 2019 03:11 |
URI: | http://repository.unp.ac.id/id/eprint/23623 |
Actions (login required)
View Item |