Korelasi Keterampilan Membaca Pemahaman dan Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi Siswa Kelas XI SMA Adabiah Padang

Oktiana, Putri Kartika (2019) Korelasi Keterampilan Membaca Pemahaman dan Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi Siswa Kelas XI SMA Adabiah Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_Putri_Kartika_Oktiana_15016122_2659_2019.pdf

Download (796kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini ada tiga. Pertama, mendeskripsikan keterampilan membaca pemahaman siswa kelas XI SMA Adabiah Padang. Kedua, mendeskripsikan keterampilan menulis teks eksplanasi siswa kelas XI SMA Adabiah Padang. Ketiga, mendeskripsikan korelasi keterampilan membaca pemahaman dengan keterampilan menulis teks eksplanasi siswa kelas XI SMA Adabiah Padang. J enis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode deskriptif. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain korelasional. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Adabiah Padang yang terdaftar pada tahun ajaran 2018/2019, yaitu 287 orang siswa. Sampel dalam penelitian ini ditentukan dengan proportional random sampling 20% dari populasi, yaitu 57 orang siswa. Data penelitian ini berupa skor hasil tes keterampilan membaca pemahaman dan skor hasil tes keterampilan menulis teks eksplanasi. Instrumen penelitian ini yaitu tes objektif untuk mengukur keterampilan membaca pemahaman dan tes unjuk kerja untuk mengukur keterampilan menulis teks eksplanasi. Berdasarkan analisis data dan pembahasan, diperoleh tiga hasil penelitian sebagai berikut. Pertama, keterampilan membaca pemahaman siswa kelas XI SMA Adabiah Padang berada pada kualifikasi baik. Hal ini terlihat dari perolehan rata-rata hi tung sebesar 77 ,49. Kedua, keterampilan menulis teks eksplanasi siswa kelas XI SMA Adabiah Padang berada pada kualifikasi baik. Hal ini terlihat dari perolehan rata-rata hitung sebesar 76,75. Ketiga, terdapat hubungan yang signifikan antara keterampilan membaca pemahaman dan keterampilan menulis teks eksplanasi siswa kelas XI SMA Adabiah Padang. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa terdapat korelasi keterampilan membaca pemahaman dan keterampilan menulis teks eksplanasi siswa kelas XI SMA Adabiah Padang pada derajat kebebasan n-1 dan taraf signifikan 95%. Ho ditolak dan H1 diterima karena hasil pengujian membuktikan bahwa nilai thitung lebih besar daripada ttabet yaitu (38,54 > 1,67). Jadi, disimpulkan bahwa semakin tinggi keterampilan membaca pemahaman siswa, semakin tinggi pula keterampilan menulis teks eksplanasi siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 07 Oct 2019 03:39
Last Modified: 07 Oct 2019 03:39
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/23567

Actions (login required)

View Item View Item