Penerapan Metode Pembelajaran CTL Pada Mata Pelajaran Seni Tari di SMP Negeri 1 Kecamatan LarehSago Halaban Kabupaten Limapuluh Kota

Dhian, Silvia Rachma (2019) Penerapan Metode Pembelajaran CTL Pada Mata Pelajaran Seni Tari di SMP Negeri 1 Kecamatan LarehSago Halaban Kabupaten Limapuluh Kota. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_06_Silvia_Rachma_Dhiah_15023149_3201_2019.pdf

Download (569kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi karena rendahnya hasil belajar siswa dalam pembelajaran seni tari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar sisiwa dengan menggunakan metode Contextual Teaching Learning (CTL) dalam seni tari pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Lareh Sago Halaban, Kabupaten Limapuluh Kota. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah berupa tes yang diberikan akhir siklus. Jenis data dalam penelitian ini menggunakan data primer dan data sekunder.Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi/pengamatan, tes dan dokumentasi, teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa meningkatnya aktifitas dan hasil belajar siswa jika menggunakan metode CTL pada pembelajaran seni tari di SMP Negeri 1 Lareh Sago Halaban, Kabupaten Limapuluh Kota. Hal ini dapat dilihat dari persentase klasikal ketuntasan hasil belajar siswa dberdasarkan KKM yang ditetapkan sekolah yakni angka 75. Setelah dilakukan penerapan metode CTL yang mencapai 95%. Hal ini berbeda dengan hasil belajar sebelumnya dengan metode konvensional yang hanya mencapai 80%. Maka dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pembelajaran dengan penerapan pembelajaran metode CTL cocok dilaksanakan dan dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa di SMP Negeri 1 Lareh Sago Halaban, Kabupaten Limapuluh Kota.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: M Music and Books on Music > MT Musical instruction and study
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari dan Musik - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 03 Oct 2019 08:29
Last Modified: 03 Oct 2019 08:29
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/23532

Actions (login required)

View Item View Item