Kegiatan Analisis Keabsahan Soal Ujian Seni Budaya-Tari oleh Guru di SMP N egeri 3 Koto XI Tarusan Kabupaten Pesisir Selatan

Sapitri, Widia Mayang (2019) Kegiatan Analisis Keabsahan Soal Ujian Seni Budaya-Tari oleh Guru di SMP N egeri 3 Koto XI Tarusan Kabupaten Pesisir Selatan. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_06_Widia_Mayang_Sapitri_15023037_3302_2019.pdf

Download (565kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kegiatan guru seni budaya­ tari di SMP Negeri 3 Koto XI Tarusan \Kabupaten Pesisir selatan dalam melakukan analisis keabsahan soal ujian, khususnya yang digunakan dalam Ujian Akhir Semester. Kriteria analisis keabsahan soal ini memiliki maksud yang sama dengan soal yang terukur dan jelas. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif analisis. Objek penelitian adalah kegiatan guru dalam menganalisis soal seni budaya buatan guru SMP Negeri 3 Koto XI Tarusan, yang berjumlah 20 butir, telah diujikan kepada 20 orang siswa dalam Ujian Akhir Semester ganjil 2018/2019. Instrumen penelitian yang digunakan adalah catatan pengamatan, catatan wawancara, serta studi dokumentasi untuk mendukung kegiatan pengumpulan data dengan teknik observasi, wawancara, dan studi dokumen. Hasil penelitian dapat menjelaskan bahwa soal seni budaya yang dianalisis keabsahannya itu telah memberikan gambaran terhadap perbaikan kualitas evaluasi pendidikan di sekolah. Tinggi rendahnya hasil belajar siswa, semata­mata bukan disebabkan oleh tingkat kemampuan siswa dalam belajar. Melainkan juga dipengaruhi o leh instrumen penilaian yang dibuat seperti soal, apakah sudah absah atau tidak. Hasil analisis keabsahan soal seni budaya pada UAS di kelas VII­1 SMP Negeri 3 Koto XI tarusan termasuk berkesulitasn sedang dan tujuh puluh persen dari butir­butir soalnya memiliki keabsahanan tinggi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: M Music and Books on Music > MT Musical instruction and study
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari dan Musik - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 03 Oct 2019 08:29
Last Modified: 03 Oct 2019 08:29
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/23531

Actions (login required)

View Item View Item