Pengaruh Kepemimpinan Transformasional terhadap Organizational Citizenship Behavior (OCB) Melalui Komitmen Afektif Sebagai Variabel Mediasi (Studi Pada PDAM Kota Padang Wilayah Pusat)

Putri, Distia Noviati (2019) Pengaruh Kepemimpinan Transformasional terhadap Organizational Citizenship Behavior (OCB) Melalui Komitmen Afektif Sebagai Variabel Mediasi (Studi Pada PDAM Kota Padang Wilayah Pusat). Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img] Text
A_7_DISTIA_NOVIATI_PUTRI_14059130_2019.docx

Download (9kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: (1) Pengaruh Kepemimpinan Transformasional terhadap Organizational Citizenship Behavior (2) Pengaruh Kepemimpinan Transformasional terhadap Komitmen Afektif (3) Pengaruh Komitmen Afektif terhadap Organizational Citizenship Behavior (4) Pengaruh Kepemimpinan Transformasional terhadap Organizational Citizenship Behavior dengan Komitmen Afektif sebagai variabel mediasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan PDAM Kota Padang Wilayah Pusat yang berjumlah 164 orang. Teknik Pengambilan sampel penelitian ini adalah teknik Cluster Proportional Random Sampling dengan total sampel berjumlah 116 orang. Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi variabel mediasi dengan metode Causal Step. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kepemimpinan Transformasional berpengaruh positif dan signifikan terhadap Organizational Citizenship Behavior pada PDAM Kota Padang Wilayah Pusat (2) Kepemimpinan Transformasional berpengaruh positif dan signifikan terhadap Komitmen Afektif pada PDAM Kota Padang Wilayah Pusat (3) Komitmen Afektif berpengaruh positif dan signifikan terhadap Organizational Citizenship Behavior PDAM Kota Padang Wilayah Pusat (4) Kepemimpinan Transformasional berpengaruh signifikan terhadap Organizational Citizenship Behavior pada PDAM Kota Padang Wilayah Pusat dengan Komitmen Afektif sebagai variabel mediasi. Kata Kunci : Kepemimpinan Transformasional, Organizational Citizenship Behavior, dan Komitmen Afektif

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD61 Risk Management
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 03 Oct 2019 08:29
Last Modified: 03 Oct 2019 08:29
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/23530

Actions (login required)

View Item View Item