Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Pendekatan Saintifik pada Materi Kingdom Plantae untuk Peserta Didik Kelas X SMA/MA.

Lestari, Lasmi (2018) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Pendekatan Saintifik pada Materi Kingdom Plantae untuk Peserta Didik Kelas X SMA/MA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_03_LASMI_LESTARI_14031081_3407_2018.pdf

Download (85kB) | Preview

Abstract

Proses pembelajaran pada Kurikulum 2013 untuk jenjang pendidikan menengah dilaksanakan dengan menggunakan pendekatan saintifik. Pendekatan saintifik terdiri dari kegiatan mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengasosiasikan dan mengomunikasikan. Penerapan pendekatan saintifik dalam pembelajaran belum berjalan maksimal, terutama pada kegiatan megumpulkan informasi. Penerapan pendekatan saintifik telah dipadukan dengan penggunaan LKPD. LKPD yang telah dibuat guru adalah LKPD berbasis problem solving, discovery, dan project. Berdasarkan hasil analisis dokumen LKPD, diketahui LKPD yang dibuat juga masih berupa pertanyaan yang harus dijawab peserta didik dan belum memuat pendekatan saintifik. Salah satu materi biologi yang sulit dipahami peserta didik adalah materi kingdom plantae. Berdasarkan hal tersebut, peneliti melakukan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk menghasilkan LKPD berbasis pendekatan saintifik pada materi kingdom plantae. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (development research) menggunakan tiga tahap model pegembangan 4-D yang terdiri dari tahap pendefinisian (define), perancangan (design), dan develop (pengembangan). Subjek penelitian ini ialah 28 orang peserta didik kelas X SMAN 1 Padang dan objek penelitian adalah LKPD berbasis pendekatan saintifik. Data penelitian merupakan data primer yang diperoleh dari hasil uji validitas dan praktikalitas. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, dihasilkan produk berupa LKPD berbasis pendekatan saintifik pada materi kingdom plantae. Dari hasil uji validitas, diperoleh nilai 87,30% dengan kriteria valid dari segi kelayakan isi, kebahasaan, penyajian, kegrafikaan, dan pendekatan saintifik. Hasil uji praktikalitas diperoleh nilai 85,94% oleh guru dengan kriteria sangat praktis dan 83,05% oleh peserta dengan kriteria praktis dari segi kemudahan penggunaan, efisiensi waktu pembelajaran, daya tarik dan manfaat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 03 Oct 2019 08:29
Last Modified: 03 Oct 2019 08:29
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/23527

Actions (login required)

View Item View Item