Pengaruh Teknik Pemodelan terhadap Keterampilan Menulis Teks Prosedur Siswa Kelas VII SMP Negeri 14 Padang

Kartika, Rica (2019) Pengaruh Teknik Pemodelan terhadap Keterampilan Menulis Teks Prosedur Siswa Kelas VII SMP Negeri 14 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_Rica_Kartika_15016051_3072_2019.pdf

Download (810kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini ada tiga. Pertama, mendeskripsikan keterampilan menulis teks prosedur siswa kelas VII SMP Negeri 14 Padang sebelum menggunakan teknik pemodelan. Kedua, mendeskripsikan keterampilan menulis teks prosedur siswa kelas VII SMP Negeri 14 Padang sesudah menggunakan teknik pemodelan. Ketiga, mendeskripsikan pengaruh penggunaan teknik pemodelan terhadap tingkat keterampilan menulis teks prosedur siswa kelas VII SMP Negeri 14 Padang. J enis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Rancangan penelitian ini adalah one group pretest and posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 14 Padang yang terdaftar tahun pelajaran 2018/2019 yang berjumlah 255 orang. Sampel dalam penelitian ini ditentukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII 2 yang berjumlah 33 orang. Variabel penelitian ini adalah keterampilan menulis teks prosedur sebelum dan sesudah menggunakan teknik pemodelan siswa kelas VII SMP Negeri 14 Padang. Instrumen penelitian ini adalah tes unjuk kerja, yaitu tes menulis teks prosedur sebelum dan sesudah menggunakan teknik pemodelan.Data penelitian ini adalah skor tes keterampilan menulis teks prosedur sebelum dan sesudah menggunakan teknik pemodelan siswa kelas VII SMP Negeri 14 Padang. Data dianalisis dengan rumus persentase, rumus rata-rata hitung, dan uji-t. Hasil penelitian ini ada tiga yaitu sebagai berikut. Pertama, nilai keterampilan menulis teks prosedur siswa kelas VII SMP N egeri 14 Padang sebelum menggunakan teknik pemodelan berada pada kualifikasi Lebih dari Cukup (LdC) dengan nilai rata-rata 71,50. Kedua, nilai keterampilan menulis teks prosedur siswa kelas VII SMP Negeri 14 Padang sesudah menggunakan teknik pemodelan berada pada kualifikasi Baik (B) dengan nilai rata-rata 83,90. Ketiga, berdasarkan uji-t, disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dalam penggunaan teknik pemodelan terhadap keterampilan menulis teks prosedur siswa kelas VII SMP Negeri 14 Padang karena nilai thitung > ttabel (5,93 > 1,70). Dengan kata lain, penggunaan teknik pemodelan memberi pengaruh yang penting terhadap keterampilan menulis teks prosedur siswa kelas VII SMP Negeri 14 Padang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 03 Oct 2019 08:28
Last Modified: 03 Oct 2019 08:28
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/23518

Actions (login required)

View Item View Item