Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik Berbasis Problem Solving tentang Materi Pencemaran Lingkungan untuk SMP/MTs

Dasril, Ingga Sucika (2018) Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik Berbasis Problem Solving tentang Materi Pencemaran Lingkungan untuk SMP/MTs. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_03_INGGA_SUCIKA_DASRIL_14031011_4334_2018.pdf

Download (8kB) | Preview

Abstract

Usaha yang dilakukan untuk mencapai tujuan pendidikan salah satunya dengan penyempurnaan kurikulum tahun 2006 menjadi kurikulum 2013. SMPN 7 Padang telah menerapkan kurikulum 2013 sejak tahun 2016. Selama proses pembelajaran peserta didik menggunakan buku paket IPA dari Kemendikbud dan LKPD yang disusun oleh MGMP se-kota Padang. Kedua bahan ajar tersebut kurang mengimplementasikan soal evaluasi berupa problem solving. Penggunaan LKPD dari MGMP belum memfasilitasi kemampuan pemecahan masalah peserta didik. Kendala lainnya adalah belum adanya bahan ajar yang memfasilitasi kegiatan 5M khususnya dalam kegiatan pengumpulan data serta belum memuat petunjuk tentang informasi yang harus ditemukan peserta didik selama proses pembelajaran. Sehingga perlu dikembangkan lembar kegiatan peserta didik berbasis problem solving tentang materi pencemaran lingkungan yang valid dan praktis. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian pengembangan menggunakan model pengembangan Plomp tahun 2013 yang terdiri dari preliminary research, development or prototyping phase, dan assessment phase. Subjek penelitian adalah 2 orang dosen biologi FMIPA UNP, 2 orang guru, dan 38 orang peserta didik kelas VIII SMPN 7 Padang. Data dalam penelitian ini adalah data primer. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah angket self evaluation, angket validitas, angket one to one dan small group, dan angket praktikalitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif dalam bentuk deskriptif dengan empat alternatif jawaban berdasarkan skala Likert. Produk yang dihasilkan adalah lembar kegiatan peserta didik berbasis problem solving. Hasil analisis LKPD dari expert review dengan rata-rata 3,69 dikategorikan sangat valid dari aspek kelayakan isi, kebahasaan, penyajian, dan kegrafikaan. Nilai praktikalitas pada tahap penilaian diketegorikan sangat praktis oleh guru dengan rata-rata 3,78 dan oleh peserta didik dengan rata-rata 3,45 pada aspek kemudahan penggunaan, efisiensi waktu pembelajaran, dan manfaat. Jadi, LKPD yang telah dikembangkan memenuhi kriteria sangat valid dan sangat praktis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 03 Oct 2019 01:46
Last Modified: 03 Oct 2019 01:46
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/23517

Actions (login required)

View Item View Item