Pengaruh Penggunaan Model Discovery Learning Berbantuan Mind Mapping terhadap Keterampilan Menulis Teks Biografi Siswa Kelas X SMA Negeri 3 Bukittinggi

Mandasari, Citra (2019) Pengaruh Penggunaan Model Discovery Learning Berbantuan Mind Mapping terhadap Keterampilan Menulis Teks Biografi Siswa Kelas X SMA Negeri 3 Bukittinggi. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_Citra_Mandasari_15016034_3793_2019.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk ( 1) mendeskripsikan keterampilan menulis teks biografi siswa kelas X SMA Negeri 3 Bukittinggi sebelum menggunakan model discovery learning berbantuan mind mapping, (2) mendeskripsikan keterampilan menulis teks biografi siswa kelas X SMA Negeri 3 Bukittinggi sesudah menggunakan model discovery learning berbantuan mind mapping, dan (3) menganalisis pengaruh penggunaan model discovery learning berbantuan mind mapping terhadap keterampilan menulis teks biografi siswa kelas X SMA Negeri 3 Bukittinggi. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Rancangan penelitian ini adalah One Group Pretest and Posttest Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 3 Bukittinggi sebanyak 352 siswa yang tersebar dalam sepuluh kelas. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA 1 SMA Negeri 3 Bukittinggi dengan jumlah 36 siswa yang ditentukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Variabel penelitian ini adalah keterampilan menulis teks biografi siswa sebelum dan sesudah menggunakan model discovery learning berbantuan mind mapping. Instrumen penelitian ini adalah tes unjuk kerja. Data penelitian ini adalah skor dan nilai hasil tes keterampilan menulis teks biografi siswa kelas X SMA Negeri 3 Bukittinggi sebelum dan sesudah menggunakan model discovery learning berbantuan mind mapping. Teknik pengumpulan data penelitian ini yaitu pretest, perlakuan, dan posttest. Uji persyaratan analisis yang dilakukan adalah uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil penelitian ini ada tiga. Pertama, keterampilan menulis teks biografi siswa kelas X SMA Negeri 3 Bukittinggi sebelum menggunakan model discovery learning berbantuan mind mapping berada pada kualifikasi Baik (B) dengan nilai rata-rata 78,59. Kedua, keterampilan menulis teks biografi siswa kelas X SMA Negeri 3 Bukittinggi sesudah menggunakan model discovery learning berbantuan mind mapping berada pada kualifikasi Baik Sekali (BS) dengan nilai rata-rata 88,43. Ketiga, berdasarkan uji-t pada taraf 0,95 diperoleh thitung >ttabel (4,60> 1,68). Jadi, dapat dikatakan bahwa hipotesis penelitian diterima. Hal itu berarti terdapat pengaruh penggunaan model discovery learning berbantuan mind mapping terhadap keterampilan menulis teks biografi siswa kelas X SMA Negeri 3 Bukittinggi. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa nilai keterampilan menulis teks biografi siswa kelas X SMA Negeri 3 Bukittinggi sesudah menggunakan model discovery learning berbantuan mind mapping lebih baik dibandingkan nilai keterampilan menulis teks biografi siswa kelas X SMA Negeri 3 Bukittinggi sebelum menggunakan model discovery learning berbantuan mind mapping. Dengan demikian, model discovery learning berbantuan mind mapping dapat diterapkan dalam pembelajaran keterampilan menulis teks biografi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 02 Oct 2019 07:04
Last Modified: 02 Oct 2019 07:04
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/23510

Actions (login required)

View Item View Item