Kontribusi Keterampilan Membaca Pemahaman Teks Cerpen terhadap Keterampilan Menulis Teks Cerpen Siswa Kelas XI SMK Negeri 9 Padang

Assadiyah, Herfina (2019) Kontribusi Keterampilan Membaca Pemahaman Teks Cerpen terhadap Keterampilan Menulis Teks Cerpen Siswa Kelas XI SMK Negeri 9 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_Herfina_Assadiyah_15016010_3147_2019.pdf

Download (738kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini ada tiga. Pertama, mendeskripsikan keterampilan membaca pemahaman teks cerpen siswa kelas XI SMK Negeri 9 Padang. Kedua, mendeskripsikan keterampilan menulis teks cerpen siswa kelas XI SMK Negeri 9 Padang. Ketiga, mendeskripsikan kontribusi membaca pemahaman teks cerpen terhadap keterampilan menulis teks cerpen siswa kelas XI SMK Negeri 9 Padang. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode deskriptif. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain korelasional. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI SMK Negeri 9 Padang yang terdaftar pada tahun ajaran 2018/2019, yaitu 232 Orang siswa. Sampel dalam penelitian ini ditentukan dengan menggunakan teknik propotional random sampling (20%), yaitu 46 orang siswa. Data penelitian ini berupa skor hasil tes keterampilan membaca pemahaman teks cerpen dan skor hasil teks menulis teks cerpen. Instrumen penelitian ini yaitu tes objektif untuk mengukur keterampilan membaca pemahaman teks cerpen dan tes unjuk kerja untuk mengukur keterampilan menulis teks cerpen. Temuan penelitian ini ada tiga, pertama keterampilan membaca pemahaman teks cerpen siswa kelas XI SMK Negeri 9 Padang berada pada kualifikasi Lebih dari Cukup (LdC). Kedua, keterampilan menulis teks cerpen siswa kelas XI SMK Negeri 9 Padang berada pada kualifikasi Lebih dari Cukup (LdC). Ketiga, keterampilan membaca pemahaman teks cerpen siswa kelas XI SMK Negeri 9 Padang berkontribusi sebesar 72, 1 % terhadap keterampilan menulis teks cerpen siswa kelas XI SMK Negeri 9 Padang. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa keterampilan membaca pemahaman teks cerpen berkontribusi terhadap keterampilan menulis teks cerpen. Semakin baik keterampilan membaca pemahaman teks cerpen akan semakin baik pula keterampilan menulis teks cerpen. Dengan demikian, untuk terampil menulis teks cerpen siswa kelas XI SMK Negeri 9 Padang, diperlukan keterampilan membaca pemahaman teks cerpen yang baik pula.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 02 Oct 2019 07:04
Last Modified: 02 Oct 2019 07:04
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/23507

Actions (login required)

View Item View Item