Korelasi Penguasaan Kosakata Bidang Lingkungan dengan Keterampilan Menulis Teks Eksposisi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Padang Panjang

Nilawati, Debby Ayu (2019) Korelasi Penguasaan Kosakata Bidang Lingkungan dengan Keterampilan Menulis Teks Eksposisi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Padang Panjang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_Debby_Ayu_Nuilawati_15016083_3373_2019.pdf

Download (965kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini ada tiga. Pertama, mendeskripsikan penguasaan kosakata bidang lingkungan siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Padang Panjang. Kedua, mendeskripsikan keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Padang Panjang. Ketiga, mendeskripsikan korelasi penguasaan kosakata bidang lingkungan dengan keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Padang Panjang. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode deskriptif. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain korelasional. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Padang Panjang yang terdaftar pada tahun ajaran 2018/2019, yaitu sebanyak 174 orang siswa. Sampel dalam penelitian ini ditentukan dengan proportional random sampling 25% dari populasi, yaitu 44 orang siswa. Variabel dalam penelitian ini adalah penguasaan kosakata bidang lingkungan (X) dan keterampilan menulis teks eksposisis (Y). Data penelitian ini berupa skor hasil tes penguasaan kosakata bidang lingkungan dan skor hasil tes keterampilan menulis teks eksposisi. Data tersebut diperoleh melalui dua jenis tes yaitu tes objektif untuk mengukur penguasaan kosakata bidang lingkungan dan tes unjuk kerja untuk mengukur keterampilan menulis teks eksposisi. Uji persyaratan analisis data menggunakan uji normaliatasdan uji homogenitas. Teknik penganalisisan data terdiri atas delapan langkah. Pertama, pemberian skor tes objektifuntuk penguasaan kosakata bidang lingkungan dan tes unjuk kerja untuk keterampilan menulis teks eksposisi. Kedua, mengubah skor penguasaan kosakata bidang lingkungan dan skor keterampilan menulis teks eksposisi menjadi nilai. Ketiga, menafsirkan nilai penguasaan kosakata bidang lingkungan dan keterampilan menulis teks eksposisi, baik secara keseluruhan maupun per indikator berdasarkan rata-rata hitung. Keempat, mengelompokkan nilai tingkat penguasaan kosakata bidang lingkungan dan keterampilan menulis teks eksposisi secara keseluruhan dan per indikator ke dalam tabel dengan menggunakan skala 10. Kelima, membuat diagram batang penguasaan kosakata bidang lingkungan dan keterampilan menulis teks eksposisi baik secara keseluruhan maupun per indikator. Keenam, mengkorelasikan penguasaan kosakata bidang lingkungan dan keterampilan menulis teks eksposisi menggunakan rumus product moment. Ketujuh, pengujian keberartian hipotesis. Kedelapan, menganalisis dan menyimpulkan hasil pembahasan dengan cara mendeskripsikan korelasi penguasaan kosakata bidang lingkungan dengan keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas VIII Negeri 3 Padang Panjang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 02 Oct 2019 07:03
Last Modified: 02 Oct 2019 07:03
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/23504

Actions (login required)

View Item View Item