Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Pendekatan Saintifik pada Materi Pencemaran Lingkungan untuk Peserta Didik SMP Kelas VII

Julianti, Dwi Putri (2018) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Pendekatan Saintifik pada Materi Pencemaran Lingkungan untuk Peserta Didik SMP Kelas VII. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_03_DWI_PUTRI_JULIANTI_14031070_3561_2018.pdf

Download (182kB) | Preview

Abstract

Pendekatan saintifik adalah pendekatan pembelajaran dengan memberikan pemahaman kepada peserta didik dalam mengenal dan memahami berbagai materi menggunakan langkah-langkah ilmiah. Salah satu media yang dapat menggunakan pendekatan saintifik dalam proses pembelajaran adalah Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD). Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk mengembangkan LKPD berbasis pendekatan saintifik pada materi pencemaran lingkungan untuk peserta didik SMP kelas VII yang valid dan praktis. Prosedur pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Model Thiagarajan atau Model 4-D yang terdiri atas empat tahap yaitu tahap pendefinisian (define), tahap perancangan (design), tahap pengembangan (develop), dan tahap penyebaran (disseminate). Data penelitian ini adalah data primer yang diperoleh dari lembar validitas dan praktikalitas, dan dianalisis dengan analisis deskriptif. LKPD berbasis pendekatan saintifik yang dikembangkan telah divalidasi oleh pakar serta telah mengalami revisi sehingga didapatkan hasil yang layak digunakan. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, maka telah dihasilkan Lembar Kerja Peserta Didik berbasis pendekatan saintifik pada materi pencemaran lingkungan untuk peserta didik SMP kelas VII yang sangat valid dengan rerata 3,60 dan sangat praktis dengan rerata 3,40 oleh guru dan 3,52 oleh peserta didik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa LKPD berbasis pendekatan saintifik pada materi pencemaran lingkungan untuk peserta didik SMP kelas VII yang dikembangkan sudah sangat valid dan sangat praktis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 02 Oct 2019 02:19
Last Modified: 02 Oct 2019 02:19
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/23497

Actions (login required)

View Item View Item