Korelasi Keterampilan Menyimak Teks Berita dengan Keterampilan Menulis Teks Berita Siswa Kelas VIII SMP Negeri 34 Padang

Putri, Wahyuni (2019) Korelasi Keterampilan Menyimak Teks Berita dengan Keterampilan Menulis Teks Berita Siswa Kelas VIII SMP Negeri 34 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_Wahyuni_Putri_15016135_2658_2019.pdf

Download (690kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini ada tiga. Pertama, mendeskripsikan keterampilan menulis teks berita siswa kelas VIII SMP Negeri 34 Padang. Kedua, mendeskripsikan keterampilan menyimak teks berita siswa kelas VIII SMP Negeri 34 Padang. Ketiga, mendeskripsikan korelasi keterampilan menyimak teks berita dengan keterampilan menulis teks berita siswa kelas VIII SMP Negeri 34 Padang. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode deskriptif. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 34 Padang yang terdaftar pada tahun aj aran 2018/2019, yaitu 223 orang siswa. Sampel dalam penelitian ini ditentukan dengan proportional random sampling, diambil 20% dari populasi yang ada, yaitu 42 orang siswa. Variabel dalam penelitian ini variabel terikat (Y) adalah keterampilan menulis teks berita dan variabel bebas (X) adalah keterampilan menyimak teks berita. Data penelitian ini berupa skor hasil tes keterampilan menulis teks berita dan skor keterampilan menyimak teks berita. instrumen penelitian ini yaitu tes objektif untuk mengukur keterampilan menyimak teks berita dan tes unjuk kerja untuk mengukur keterampilan menulis teks berita. Hasil penelitian ini ada tiga.Pertama, keterampilan menulis teks berita siswa kelas VIII SMP Negeri 34 Padang berada pada kualifikasi Baik (80,75). Kedua, keterampilan menyimak teks berita siswa kelas VIII SMP Negeri 34 Padang berada pada kualifikasi Baik (77,57). Ketiga, keterampilan menyimak teks berita berkorelasi dengan keterampilan menulis teks berita siswa kelas VIII SMP Negeri 34 Padang pada derajat kebebasan n-1 dan taraf kepercayaan 95%. Ho ditolak dan H1 diterima karena hasil pengujian membuktikan bahwa nilai thitung lebih besar dari pada t1abel (4,84> 1,68). Dengan kata lain, untuk terampil menulis teks berita diperlukan keterampilan menyimak teks berita.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 02 Oct 2019 02:19
Last Modified: 02 Oct 2019 02:19
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/23491

Actions (login required)

View Item View Item