Tema-tema dalam Kumpulan Tugas Teks Cerpen Mahasiswa Angkatan 2014 Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Padang

Lasmini, Yesy (2019) Tema-tema dalam Kumpulan Tugas Teks Cerpen Mahasiswa Angkatan 2014 Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_Yesy_Lasmini_15016138_3165_2019.pdf

Download (723kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan tema-tema dalam kumpulan tugas teks cerpen mahasiswa angkatan 2014 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Negeri Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan objektif. Data penelitian ini adalah tema-tema dalam kumpulan tugas teks cerpen karya Mahasiswa angkatan 2014 Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Negeri Padang berupa kata- kata, kalimat, dan wacana yang mengindikasikan tema-tema yang terdapat dalam antologi teks cerpen mahasiswa angkatan 2014. Teknik pengumpulan data ini, yaitu teknik pustaka, studi dokumenter, dan deskriptif interpretatif, dan penyimpulan data. Teknik analisis data penelitian ini, yaitu data yang telah terkumpul diklasifikasi, selanjutnya dianalisis berdasarkan teori. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif sesuai dengan tujuan penelitian. Berdasarkan hasil penelitian, "Tema-tema dalam Kumpulan Tugas Teks Cerpen Mahasiswa Angkatan 2014 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Padang" ditemukan. Pertama, data yang mengandung tema fisik dengan indikator konflik percintaan remaja. Kedua, data yang mengandung tema organik dengan indikator konflik skandal-skandal seksual dan pengkhianatan suami-istri. Ketiga, data yang mengandung tema sosial dengan indikator konflik ekonomi, perjuangan dalam menjalani kehidupan, cinta kasih: persahabatan, orangtua-anak, dan kejahatan (pembunuhan). Keempat, data yang mengandung tema egoik: egois, sifat dan sikap yang bersifat konflik batin. Kelima, data yang mengadung tema ketuhanan ( dvine). Berdasarkan hasil penelitian, diharap dapat diaplikasikan pada pelajaran bahasa Indonesia di SMA kelas XI semester 1 dengan materi teks cerpen.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 02 Oct 2019 02:19
Last Modified: 02 Oct 2019 02:19
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/23482

Actions (login required)

View Item View Item