Korelasi Keterampilan Memahami Teks Cerpen dan Keterampilan Menulis Teks Cerpen Siswa Kelas XI SMAN 2 Batang Anai

Putri, Dea Denisa (2019) Korelasi Keterampilan Memahami Teks Cerpen dan Keterampilan Menulis Teks Cerpen Siswa Kelas XI SMAN 2 Batang Anai. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_Dea_Denisa_Putri_15016082_3178_2019.pdf

Download (715kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini ada tiga. Pertama, mendeskripsikan keterampilan memahami siswa kelas XI SMA Negeri 2 Batang Anai. Kedua, mendeskripsikan keterampilan menulis teks cerpen siswa kelas XI SMA Negeri 2 Batang Anai. Ketiga, mendeskripsikan korelasi keterampilan memahami teks cerpen dan keterampilan menulis teks cerpen siswa kelas XI SMA Negeri 2 Batang Anai. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode deskriptif. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain korelasional. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 2 Batang Anai yang terdaftar pada tahun ajaran 2018/2019, yaitu 195 orang siswa. Sampel dalam penelitian ini ditentukan dengan propotional random sampling 20% dari populasi, yaitu 40 orang siswa. Data penelitian ini berupa skor hasil tes keterampilan memahami teks cerpen dan skor hasil tes keterampilan menulis teks cerpen. Instrumen penelitian ini yaitu tes objektif untuk mengukur keterampilan memahami teks cerpen dan tes unjuk kerja untuk mengukur keterampilan menulis teks cerpen. Hasil penelitian ini ada tiga. Pertama, keterampilan memahami teks cerpen siswa kelas XI SMA Negeri 2 Batang Anai berada pada kualifikasi baik (B). Kedua, keterampilan menulis teks cerpen siswa kelas XI SMA Negeri 2 Batang Anai berada pada kualifikasi lebih dari cukup (LdC). Ketiga, terdapat korelasi keterampilan memahami teks cerpen dan keterampilan menulis teks cerpen siswa kelas XI SMA Negeri 2 Batang Anai dengan derajat kebebasan n-1 pada taraf kepercayaan 95%. Nilai thitung(4,50) lebih besar daripada ttabe1(l,68) yaitu thitung> ttabe1(4,50> 1,68) dengan demikian Ho ditolak dan H1 diterima karena hasil pengujian membuktikan bahwa thitunglebih besar daripada ttabel• Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa keterampilan memahami teks cerpen dengan keterampilan menulis teks cerpen. Semakin baik keterampilan memahami teks cerpen akan semakin baik pula keterampilan menulis teks cerpennya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 01 Oct 2019 03:49
Last Modified: 01 Oct 2019 03:49
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/23478

Actions (login required)

View Item View Item