Pengaruh Penggunaan Strategi Inkuiri Berbantuan Media Audiovisual terhadap Keterampilan Menulis Teks Fabel Siswa Kelas VII SMP Negeri 7 Padang

Azmi, Rahma Yatul (2019) Pengaruh Penggunaan Strategi Inkuiri Berbantuan Media Audiovisual terhadap Keterampilan Menulis Teks Fabel Siswa Kelas VII SMP Negeri 7 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_Rahma_Yatul_Azmi_15016070_3234_2019.pdf

Download (770kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini ada tiga. Pertama, mendeskripsikan keterampilan menulis teks fabel siswa kelas VII SMP Negeri 7 Padang sebelum menggunakan strategi inkuiriberbantuan media audiovisual. Kedua, mendeskripsikan keterampilan menulis teks fabel siswa kelas VII SMP Negeri 7 Padang sesudah menggunakan strategi inkuiri berbantuan media audiovisual. Ketiga, mendeskripsikan pengaruh penggunaan strategi inkuiriberbantuan media audiovisual terhadap keterampilan menulis teks fabel siswa kelas VII SMP Negeri 7 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Rancangan penelitian ini adalah one group pretest and posttest design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP N egeri 7 Padang yang terdaftar tahun pelajaran 2018/2019 sebanyak 251 orang. Sampel penelitian ini sebanyak 31 orang siswa yang ditentukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Variabel penelitian ini adalah keterampilan menulis teks fabel sebelum dan sesudah menggunakan strategi pembelajaran inkuiri berbantuan media audiovisual siswa kelas VII SMP Negeri 7 Padang. Data penelitian ini adalah skor hasil tes keterampilan menulis teks fabel siswa kelas VII SMP Negeri 7 Padang sebelum dan sesudah menggunakan startegi inkuiri berbantuan media audiovisual. Data dianalisis dengan rumus persentase, rumus rata-rata hitung, dan uji-t. Instrumen penelitian ini adalah tes unjuk kerja, yaitu tes menulis teks fabel sebelum dan sesudah menggunakan strategi pembelajaran inkuiri berbantuan media audiovisual. Hasil penelitian ini ada tiga. Pertama, keterampilan menulis teks fabel sebelum menggunakan strategi inkuri berbantuan media audiovisualsiswa kelas VII SMP Negeri 7 Padang berada pada kualifikasi Cukup (C) dengan rata-rata 62,37. Kedua, keterampilan menulis teks fabelsesudah menggunakan strategi inkuiri berbantuan media audiovisualsiswa kelas VII SMP Negeri 7 Padang berada pada kualifikasi Baik (B) dengan rata-rata 81,45. Ketiga, berdasarkan uji-t, hipotesis altematif (H1) diterima pada taraf signifikan 0,05 dan derajat kebebasan (dk) = n• lkarena thitun?ttabel, yaitu 6, 17> 1, 70.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 27 Sep 2019 07:12
Last Modified: 27 Sep 2019 07:12
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/23462

Actions (login required)

View Item View Item