Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write (TTW) Berbantuan Media Audiovisual terhadap Keterampilan Menulis Teks Persuasi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 8 Padang

Mulyani, Riska (2019) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write (TTW) Berbantuan Media Audiovisual terhadap Keterampilan Menulis Teks Persuasi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 8 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_Riska_Mulyani_15016052_3950_2019.pdf

Download (767kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini ada tiga. Pertama, mendeskripsikan keterampilan menulis teks persuasi siswa kelas eksperimen. Kedua, mendeskripsikan keterampilan menulis teks persuasi siswa kelas kontrol. Ketiga, mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe think talk write (ttw) berbantuan media audiovisual terhadap keterampilan menulis teks persuasi siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Padang Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen semu (quasy experimental research). Rancangan penelitian ini adalah statis dua kelompok. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Padang yang terdaftar tahun ajaran 2018/2019 sebanyak 252 siswa. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 64 siswa yang terbagi atas dua kelas, yaitu kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII D sebagai kelas kontrol yang ditentukan dengan menggunakan teknik purposive random sampling. Variabel penelitian ini adalah keterampilan menulis teks persuasi siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol. Data dianalisis dengan rumus persentase, rumus rata-rata hitung, dan uji- t. Instrumen penelitian ini adalah tes unjuk kerja, yaitu tes menulis teks persuasi. Hasil penelitian ini ada tiga, yaitu sebagai berikut. Pertama, keterampilan menulis teks persuasi siswa kelas eksperimen berada pada kualifikasi Baik Sekali (BS) dengan nilai rata-rata 85,94. Kedua, keterampilan menulis teks persuasi siswa kelas kontrol berada pada kualifikasi Baik (B) dengan nilai rata-rata 76,82. Ketiga, hipotesis kerja (H1) diterima pada taraf a=0,05 dan derajat kebebasan (dk) = (nl + n2) - 2 karena thitung>ttabeb yaitu 4,23> 1,70. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan model penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe think talk write berbantuan media audiovisual berpengaruh secara signifikan terhadap keterampilan menulis teks persuasi siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Padang. Oleh karena itu, model pembelajaran kooperatif tipe think talk write (ttw) dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif dalam pembelajaran keterampilan menulis teks persuasi di tingkat SLTP.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 26 Sep 2019 07:02
Last Modified: 26 Sep 2019 07:02
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/23457

Actions (login required)

View Item View Item