Penelusuran Infomasi Rekam Jejak Alumni (Tracer Study) Program Studi Informasi, Perpustakaan, dan Kearsipan Universitas Negeri Padang

Sawalinar, Sawalinar (2019) Penelusuran Infomasi Rekam Jejak Alumni (Tracer Study) Program Studi Informasi, Perpustakaan, dan Kearsipan Universitas Negeri Padang. Diploma thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_07_Sawalinar_16026065_3903_2019.pdf

Download (952kB) | Preview

Abstract

Dalam makalah ini dibahas tentang informasi mengenai Alumni Program Studi Informasi, Perpustakaan, dan Kearsipan Universitas Negeri Padang (PS IPK UNP). Tujuan dari penulisan makalah ini adalah: untuk (1) mendeskripsikan profil Alumni PS IPK UNP, (2) mendeskripsikan daya serap Alumni PS IPK UNP dalam dunia Kerja, (3) mendeskripsikan keterpakaian ilmu yang didapat Alumni PS IPK dalam pekerjaan, (4) mendeskripsikan penilaian stakeholders atau pengguna alumni terhadap kemampuan Alumni PS IPK UNP. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif, yaitu mengumpulkan data dengan menyebarkan instrumen kepada Alumni PS IPK. lnstrumen yang digunakan berupa googleform. Penyebaran instrumen dilakukan secara langsung (face to face) dan tidak langsung (menggunakan media komunikasi seperti whatsapp, instagram, e-mail). Dari hasil penyebaran instrumen, didapat 105 orang responden yang dijadikan sampel. Berdasarkan penganalisisan data, dapat disimpulkan hal-hal sebagai berikut. Pertama, profil Alumni PS IPK yang menanggapi instrumen penelusuran yaitu 77, 10% didominasi oleh alumni perempuan. Sebagian besar alumni yaitu 33 orang merupakan alumni tahun lulus 2018. Dilihat dari lama masa studi, rata-rata alumni memiliki lama masa studi 3 tahun. Selain itu sebagian besar Alumni PS IPK saat ini berada di Kota Padang. Kedua, daya serap alumni di dunia kerja cukup tinggi. Daya serap yang tinggi ini dapat dilihat dari tanggapan sebagian besar alumni 63% menyatakan bahwa mereka saat ini telah bekerja dengan waktu yang dibutuhkan untuk mendapatkan pekerjaan tersebut <3 bulan. Hal ini juga didukung oleh kebutuhan pasar yang tinggi terhadap Alumni PS IPK, dimana sebagian besar alumni yaitu 72,6% menyatakan bahwa instansi tempat kerja mereka saat ini membutuhkan Alumni PS IPK. Ketiga, sebagian besar alumni menyatakan bahwa keterpakaian ilmu yang didapat alumni pada PS IPK dalam pekerjaan sangat tinggi khususnya praktik kerja lapangan, keterampilan penguasaan teknologi, dan kemampuan bekerjasama dalam tim. Keempat, penilaian pengguna alumni (stakeholders) terhadap kemampuan alumni di dunia kerja juga sudah baik. Kemampuan alumni yang dinilai baik oleh pengguna alumni (stakeholders) ialah integritas, keahlian berdasarkan bidang ilmu, penguasaan teknologi informasi, dan kerjasama tim. Namun penilaian stakehoders masih rendah untuk kemampuan berbahasa asing, pengembangan diri, kemampuan merencanakan pekerjaan, serta kreativitas dan inovatif Alumni PS IPK.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Ilmu Informasi, Perpustakaan dan Kearsipan - D3
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 26 Sep 2019 07:02
Last Modified: 26 Sep 2019 07:02
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/23456

Actions (login required)

View Item View Item