Pengaruh Teknik Pembelajaran Think Talk Write (TTW) Berbantuan Media Gambar Berseri terhadap Keterampilan Menulis Teks Fabel Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 2Xl 1 Enam Lingkung

Wahyuni, Nendi Dwi (2019) Pengaruh Teknik Pembelajaran Think Talk Write (TTW) Berbantuan Media Gambar Berseri terhadap Keterampilan Menulis Teks Fabel Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 2Xl 1 Enam Lingkung. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_Nendi_Dwi_Wahyuni_15016120_3869_2019.pdf

Download (886kB) | Preview

Abstract

Tujuan penulisan ini ada tiga hal. Pertama, mendeskripsikan keterampilan menulis teks fabel siswa kelas VII SMPN 2 2X 11 Enam Lingkung sebelum menggunakan teknik pembelajaran TTW berbantuan media gambar berseri. Kedua, mendeskripsikan keterampilan menulis teks fabel siswa kelas VII SMPN 2 2X 11 Enam Lingkung sesudah menggunakan teknik pembelajaran TTW berbantuan media gambar berseri. Ketiga, menganalisis pengaruh teknik pembelajaran TTW berbantuan media gambar berseri terhadap keterampilan menulis teks fabel siswa kelas VII SMPN 2 2Xl 1 Enam Lingkung. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah the one group pretes-posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMPN 2 2Xl 1 Enam Lingkung yang terdaftar tahun pelajaran 2018/2019 yang terdiri atas dua kelas dengan jumlah 50 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMPN 2 2Xll Enam Lingkung. Data dalam penelitian ini adalah skor hasil tes keterampilan menulis teks fabel siswa kelas VII SMPN 2 2X 11 Enam Lingkung sebelum dan sesudah menggunakan teknik pembelajaran TTW berbantuan media gambar berseri. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes unjuk kerja. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara pretest, perlakuan, dan posttest. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan, diperoleh simpulan sebagai berikut. Pertama, keterampilan menulis teks fabel siswa kelas VII SMPN 2 2Xll Enam Lingkung tanpa menggunakan teknik pembelajaran TTW berbantuan media gambar berseri dengan rata-rata 68,92. Kedua, keterampilan menulis teks fabel siswa kelas VII SMPN 2 2X 11 Enam Lingkung dengan menggunakan teknik pembelajaran TTW berbantuan media gambar berseri dengan rata-rata 87,33. Berdasarkan hasil penelitian ini disimpulkan bahwa keterampilan menulis teks fabel siswa kelas VII SMPN 2 2X 11 Enam Lingkung sesudah menggunakan teknik pembelajaran TTW berbantuan media gambar berseri lebih baik dibandingkan sebelum menggunakan teknik pembelajaran TTW berbantuan media gambar berseri. Penggunaan teknik pembelaj aran TTW berbantuan media gambar berseri berpengaruh signifikan terhadap keterampilan menulis teks fabel siswa kelas VII SMPN 2 2Xl 1 Enam Lingkung. Dengan kata lain, teknik pembelajaran TTW berbantuan media gambar berseri dapat diterapkan dalam pembelajaran menulis teks fabel.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 26 Sep 2019 07:02
Last Modified: 26 Sep 2019 07:02
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/23455

Actions (login required)

View Item View Item