Persepsi Pemustaka terhadap Perpustakaan SMAN 2 Harau dalam Memenuhi Kebutuhan Informasi

Rella, Vinda Fasa (2019) Persepsi Pemustaka terhadap Perpustakaan SMAN 2 Harau dalam Memenuhi Kebutuhan Informasi. Diploma thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_07_Vinda_Vasa_Rella_16026072_3772_2019.pdf

Download (776kB) | Preview

Abstract

Penulisan makalah ini bertujuan untuk mendeskripsikan persepsi pemustaka terhadap Perpustakaan SMAN 2 Harau dalam memenuhi kebutuhan informasi. Metode yang digunakan dalam makalah ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Kemudian, data diambil melalui penyebaran angket kepada siswa SMAN 2 Harau serta wawancara dengan pustakawan SMAN 2 Harau. Berdasarkan pada pembahasan dapat disimpulkan. Pertama, persepsi pemustaka terhadap layanan di Perpustakaan SMAN 2 Harau belum dikatakan baik, karena Perpustakaan SMAN 2 Harau belum mampu menunjang dalam pemenuhan informasi yang dibutuhkan oleh pemustaka, masih banyak layanan yang sangat dibutuhkan dan harus ada di perpustakaan yaitu belum adanya layanan bimbingan pengguna bagi peserta didik baru, kurangnya promosi dari perpustakaan, kemudian belum adanya layanan internet, serta masih banyak layanan yang belum ada di perpustakaan ini yang mendukung lainnya seperti layanan foto kopi serta layanan bercerita. Kedua, persepsi pemustaka terhadap koleksi yang ada di Perpustakaan SMAN 2 Harau belum dapat dikatakan baik, karena belum maksimalnya pengadaan koleksi terbitn berkala, masih banyak permintaan informasi dari pemustaka seperti koleksi pengayaan, kemudian juga belum tersedianya koleksi terbaru. Ketiga, persepsi pemustaka terhadap fasilitas yang ada di Perpustakaan SMAN 2 Harau juga dikatakan belum baik karena perpustakaan ini memiliki ruangan dengan fasilitas yang masih banyak kekurangan, seperti belum memadainya rak buku, belum adanya layanan internet, belum adanya tempat penitipan barang, serta sarana yang mendukung untuk terciptanya kondisi yang kondusif seperti pendingin ruangan serta TV. Keempat, persepsi pemustaka terhadap sikap pustakawan di Perpustakaan SMAN 2 Harau sudah baik, karena pustakawannya telah memberikan jam layanan dengan tepat waktu, memahami kebutuhan pengguna, cepat dalam menindaklanjuti keluhan oemustaka, sopan dalam memberikan layanan serta mahir dalam menemukan buku dirak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Ilmu Informasi, Perpustakaan dan Kearsipan - D3
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 26 Sep 2019 07:02
Last Modified: 26 Sep 2019 07:02
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/23452

Actions (login required)

View Item View Item