Kontribusi Keterampilan Membaca Pemahaman terhadap Keterampilan Menulis Teks Deskripsi Siswa Kelas VII SMP Negeri 13 Padang

Sari, Intan Permata (2019) Kontribusi Keterampilan Membaca Pemahaman terhadap Keterampilan Menulis Teks Deskripsi Siswa Kelas VII SMP Negeri 13 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_Intan_Permata_Sari_14016036_3765_2019.pdf

Download (705kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini ada tiga. Pertama, mendeskripsikan keterampilan membaca pemahaman siswa kelas VII SMP Negeri 13 Padang. Kedua, mendeskripsikan keterampilan menulis teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 13 Padang. Ketiga, mendeskripsikan kontribusi keterampilan membaca pemahaman terhadap keterampilan menulis teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 13 Padang. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode deskriptif. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain kontribusi. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 13 Padang yang terdaftar pada tahun ajaran 2018/2019, yaitu 224 orang siswa. Sampel dalam penelitian ini ditentukan dengan proportional random sampling 15% dari populasi, yaitu 35 orang siswa. Data penelitian ini berupa skor hasil tes keterampilan membaca pemahaman dan skor hasil tes keterampilan menulis teks deskripsi. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini ada dua, yaitu tes objektif dan tes unjuk kerja. Hasil penelitian ini ada tiga. Pertama, keterampilan membaca pemahaman tsiswa kelas VII SMP Negeri 13 Padang berada pada kualifikasi baik (B) dengan rata-rata 82, 71. Kedua, keterampilan menulis teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 13 Padang berada pada kualifikasi baik (B) dengan rata-rata 83,10. Ketiga, terdapat kontribusi keterampilan membaca pemahaman teks deskripsi terhadap keterampilan menulis teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 13 Padang sebesar 94,48%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa keterampilan membaca pemahaman berkontribusi terhadap keterampilan menulis teks deskripsi. Semakin baik keterampilan membaca pemahaman teks deskripsi akan semakin baik pula keterampilan menulis teks deskripsinya. Dengan demikian, guru harus lebih memprioritaskan dan meningkatkan membaca agar keterampilan menulis siswa menjadi lebih baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 26 Sep 2019 07:02
Last Modified: 26 Sep 2019 07:02
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/23451

Actions (login required)

View Item View Item