Kontribusi Minat Baca dan Motivasi Belajar terhadap Keterampilan Menulis Teks Deskripsi Siswa Kelas VII SMP Negeri 7 Padang

Oktarilla, Annisa (2019) Kontribusi Minat Baca dan Motivasi Belajar terhadap Keterampilan Menulis Teks Deskripsi Siswa Kelas VII SMP Negeri 7 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_Annisa_Oktarilla_15016002_3514_2019.pdf

Download (643kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini ada tiga. Pertama, mendeskripsikan kontribusi minat baca terhadap keterampilan menulis teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 7 Padang. Kedua, mendeskripsikan kontribusi motivasi belajar terhadap keterampilan menulis teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 7 Padang. Ketiga, mendeskripsikan kontribusi minat baca dan motivasi belajar secara bersama-sama terhadap keterampilan menulis teks deskrispsi siswa kelas VII SMP Negeri 7 Padang. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode deskriptif. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain korelasional. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 7 Padang yang terdaftar pada tahun ajaran 2018/2019, yaitu 251 orang siswa. Sampel dalam penelitian ini ditentukan dengan menggunakan rumus Slavin dari populasi, yaitu 40 orang siswa. Data penelitian ini berupa skor hasil pengisian angket minat baca, skor hasil pengisian angket motivasi belajar, dan skor hasil tes keterampilan menulis teks deskripsi. Instrumen penelitian ini yaitu angket untuk mengukur minat baca dan motivasi belajar siswa dan tes unjuk kerja untuk mengukur keterampilan menulis teks deskripsi. Hasil penelitian ini ada tiga. Pertama, terdapat kontribusi minat baca terhadap keterampilan menulis teks deskripsi sebesar 26,13%. Kedua, terdapat kontribusi motivasi belajar terhadap keterampilan menulis teks deskripsi sebesar 3,2%. Ketiga, minat baca dan motivasi belajar memberikan kontribusi terhadap keterampilan menulis teks deskripsi sebesar 30,25%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa minat baca dan motivasi belajar memberikan kontribusi terhadap keterampilan menulis teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 7 Padang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 25 Sep 2019 02:44
Last Modified: 25 Sep 2019 02:44
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/23440

Actions (login required)

View Item View Item