Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Keterampilan Menulis Teks Fabel Siswa Kelas VII SMP Negeri 19 Padang

Agustina, lndah (2019) Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Keterampilan Menulis Teks Fabel Siswa Kelas VII SMP Negeri 19 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_Indah_Agustina_15016107_3928_2019.pdf

Download (824kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini ada tiga. Pertama, mendeskripsikan keterampilan menulis teks fabel siswa kelas VII SMP Negeri 19 Padang sebelum menggunakan model problem based learning. Kedua, mendeskripsikan keterampilan menulis teks fabel siswa kelas VII SMP Negeri 19 Padang sesudah menggunakan model problem based learning. Ketiga, menganalisis pengaruh model problem based learning terhadap keterampilan menulis teks fabel siswa kelas VII SMP Negeri 19 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Rancangan penelitian yang digunakan adalah one group pretest and posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 19 Padang yang terdaftar tahun pelajaran 2018/2019. Sampel dalam penelitian ini ditentukan dengan menggunakan teknik purposive sampling yang terdiri atas satu kelompok. Penelitian ini menggunakan dua variabel. Pertama, keterampilan menulis teks fabel siswa kelas VII SMP Negeri 19 Padang sebelum menggunakan model problem based learning. Kedua, keterampilan menulis teks fabel siswa kelas VII SMP Negeri 19 Padang sesudah menggunakan model problem based learning. Data dalam penelitian ini adalah skor hasil tes keterampilan menulis teks fabel sebelum dan sesudah menggunakan model problem based learning siswa kelas VII SMP Negeri 19 Padang. Data dianalisis dengan rumus persentase, rumus rata-rata hitung, dan uji-t. Instrumen penelitian ini adalah tes unjuk kerja, yaitu tes keterampilan menulis teks laporan observasi sebelum dan sesudah menggunakan model Problem Based learning siswa kelas VII SMP Negeri 19 Padang. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan tiga hal berikut. Pertama, keterampilan menulis teks fabel siswa kelas VII SMP Negeri 19 Padang sebelum menggunakan model problem based learning berada pada kualifikasi lebih dari cukup. Kedua, keterampilan menulis teks laporan observasi siswa kelas VII SMP Negeri 19 Padang sesudah menggunakan model problem baes learning berada pada kualifikasi baik. Ketiga, penggunaan model problem based learning berpengaruh terhadap keterampilan menulis teks fabel siswa kelas VII SMP Negeri 19 Padang pada taraf signifikansi 0,95 dan dk=n-1 karena thitung>ttabel (5,81>1,70).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 25 Sep 2019 02:44
Last Modified: 25 Sep 2019 02:44
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/23439

Actions (login required)

View Item View Item