Analisis Kausalitas Current Account Deficit dengan Keterbukaan Perdagangan, Nilai Tukar Riil Efektif, Foreign Direct Invesment, dan Pertumbuhan Ekonomi di Indonesia.

Kartika, Sekar Lunggayu (2017) Analisis Kausalitas Current Account Deficit dengan Keterbukaan Perdagangan, Nilai Tukar Riil Efektif, Foreign Direct Invesment, dan Pertumbuhan Ekonomi di Indonesia. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_9_SEKAR_LUNGGAYU_KARTIKA_15060064_2271_2019.pdf

Download (577kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisa hubungan kausalitas antara defisit neraca transaksi berjalan, keterbukaan perdagangan, nilai tukar riil efektif, pertumbuhan ekonomi, danforeign direct investment di Indonesia. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dan asosiatif. Data dalam penelitian ini adalah data sekunder dari 2006 triwulan 1 sampai dengan 2018 triwulan 2 dengan teknik pengumpulan data dokumentasi dan studi kepustakaan. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan induktif. Pada analisis induktif dengan menggunakan metode VAR, maka terdapat beberapa uji yaitu: ( 1) Uji Stasioneritas; (2) Penentuan Lag Optimal; (3) Uji Kointegrasi (berdasarkan hasil uji kointegrasi yang didapat maka penelitian ini harus dilanjutkan dengan menggunakan metode VECM) ; (4) Uji Kausalitas Granger; (5) Estimasi Model VECM (6) Impulse Respon Function; (7) Variance Decomposition. Hasil Penelitian memperlihatkan bahwa: ( 1) Tidak terdapat hubungan kausalitas antara defisit neraca transaksi berjalan dan keterbukaan perdagangan di Indonesia; (2) Tidak terdapat hubungan kausalitas antara defisit neraca transaksi berjalan dan nilai tukar riil efektif di Indonesia (3) Terdapat hubungan kausalitas antara defisit neraca transaksi berjalan dan pertumbuhan ekonomi di Indonesia; (4) Tidak terdapat hubungan kausalitas antara defisit neraca transaksi berjalan dan foreign direct investment di Indonesia. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang dilakukan, maka disarankan kepada pemerintah Indonesia untuk lebih memperhatikan perkembangan kondisi ekonomi dan kondisi defisit neraca transaksi berjalan. Beberapa cara untuk mengatasi defisit neraca transaksi berjalan di Indonesia adalah meningkatkan ekspor dan menurunkan impor, sehingga pendapatan dari kegiatan perdagangan internasional lebih besar daripada pengeluaran. Menggunakan modal pinjaman luar negeri untuk berinvestasi yang bersifat produktif agar menghasilkan pendapatan. Memanfaatkan potensi sumber daya alam untuk mendorong ekspor. Kata Kunci : Defisit Neraca Transaksi Berjalan, Keterbukaan Perdagangan, Nilai Tukar Riil Efektif, Pertumbuhan Ekonomi, Foreign Direct Investment, VAR, VECM.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi > Ilmu Ekonomi - S2
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 25 Sep 2019 02:44
Last Modified: 25 Sep 2019 02:44
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/23437

Actions (login required)

View Item View Item