Pengaruh Model Pembelajaran Advance Organizer Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VII SMPN 22 Padang

Yunita, Ameria (2018) Pengaruh Model Pembelajaran Advance Organizer Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VII SMPN 22 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_03_AMERIA_YUNITA_14031024_3304_2018.pdf

Download (30kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini didasari dari permasalahan yang ada di SMPN 22 Padang yaitu pemilihan model pembelajaran yang kurang tepat, hasil belajar IPA siswa masih rendah. Upaya yang dapat dilakukan yaitu menerapkan model pembelajaran advance organizer pada materi pemanasan global di SMPN 22 Padang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran advance organizer terhadap hasil belajar IPA siswa kelas VII SMPN 22 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan rancangan penelitian randomized control group posttest only design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VII di SMPN 22 Padang yang terdaftar pada Tahun Ajaran 2017/2018 berjumlah delapan kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling, yang terpilih sebagai sampel penelitian adalah kelas VII.8 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII.7 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah berupa soal posttest untuk kompetensi pengetahuan. Hipotesis pada penelitian ini diuji menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan penerapan model pembelajaran advance organizer dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa (kompetensi pengetahuan) di SMPN 22 Padang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 24 Sep 2019 01:38
Last Modified: 24 Sep 2019 01:38
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/23426

Actions (login required)

View Item View Item