Korelasi Keterampilan Membaca Pemahaman Teks Prosedur dan Keterampilan Menulis Teks Prosedur Siswa Kelas VII SMP Negeri 25 Padang

Putri A, Maharani Dwi (2019) Korelasi Keterampilan Membaca Pemahaman Teks Prosedur dan Keterampilan Menulis Teks Prosedur Siswa Kelas VII SMP Negeri 25 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_Maharani_Dwi_Putri_A_15016043_3465_2019.pdf

Download (772kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini ada tiga. Pertama, mendeskripsikan keterampilan membaca pemahaman teks prosedur siswa kelas VII SMP Negeri 25 Padang. Kedua, mendeskripsikan keterampilan menulis teks prosedur siswa kelas VII SMP N egeri 25 Padang Ketiga, mendeskripsikan korelasi keterampilan membaca pemahaman teks prosedur dan keterampilan menulis teks prosedur siswa kelas VII SMP Negeri 25 Padang. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode deskriptif. Desain yang digunakan adalah desain korelasional. Populasi penelitian adalah siswa kelas VII SMP Negeri 25 Padang yang terdaftar pada tahun ajaran 2018/2019, yaitu 252 orang siswa. Sampel penelitian ditentukan dengan proportional random sampling 20% dari populasi, yaitu 45 siswa. Data penelitian berupa skor hasil tes keterampilan membaca pemahaman teks prosedur dan skor hasil tes keterampilan menulis teks prosedur. Instrument penelitian ini ada dua, yaitu tes objektif untuk mengukur keterampilan membaca pemahaman teks prosedur dan tes unjuk kerja untuk mengukur keterampilan menulis teks prosedur. Hasil penelitian ini ada tiga. Pertama, keterampilan membaca pemahaman teks prosedur siswa kelas VII SMP N egeri 25 Padang berada pada kualifikasi baik (B) dengan nilai rata-rata 80,78. Kedua, keterampilan menulis teks prosedur siswa kelas VII SMP Negeri 25 Padang berada pada kualifikasi baik (B) dengan nilai rata- rata 81,67. Ketiga, terdapat korelasi yang positif dan signifikan antara keterampilan membaca pemahaman teks prosedur dan keterampilan menulis teks prosedur siswa kelas VII SMP Negeri 25 Padang. Berdasarkan hasil penelitian ini disimpulkan bahwa terdapat korelasi linier yang berarti antara keterampilan membaca pemahaman teks prosedur dan keterampilan menulis teks prosedur siswa kelas VII SMP N egeri 25 Padang. pada taraf nyata (a) 95% dengan derajat kebebasan n-1 dengan kata lain apabila keterampilan membaca pemahaman teks prosedur siswa baik, maka keterampilan menulis siswa juga baik. Sebaliknya, apabila keterampilan membaca pemahaman teks prosedur siswa buruk maka keterampilan menulis teks prosedur siswa juga buruk.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 23 Sep 2019 08:02
Last Modified: 23 Sep 2019 08:02
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/23424

Actions (login required)

View Item View Item