Korelasi Keterampilan Membaca Pemahaman dengan Keterampilan Menulis Teks Laporan Hasil Obervasi Siswa Kelas VII SMP Negeri 33 Padang

Monika, Monika (2019) Korelasi Keterampilan Membaca Pemahaman dengan Keterampilan Menulis Teks Laporan Hasil Obervasi Siswa Kelas VII SMP Negeri 33 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_Monika_15016046_2545_2019.pdf

Download (784kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini ada tiga. Pertama, mendeskripsikan keterampilan membaca pemahaman siswa kelas VII SMP Negeri 3 3 Padang. Kedua, mendeskripsikan keterampilan menulis teks laporan hasil observasi siswa kelas VII SMP Negeri 33 Padang. Ketiga, mendeskripsikan korelasi keterampilan membaca pemahaman dengan keterampilan menulis teks laporan hasil observasi siswa kelas VII SMP Negeri 3 3 Padang. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode deskriptif. Rancangan penelitian yang digunakan adalah korelasional dua variabel. Populasi penelitian ini siswa kelas VII SMP Negeri 3 3 Padang yang terdaftar pada tahun ajaran 2018/2019 dengan jumlah 192 siswa yang tersebar dalam enam kelas. Sampel dalam penelitian ini ditentukan dengan proportional random sampling 20% dari populasi, yaitu 36 orang siswa. Data penelitian ini berupa skor hasil tes keterampilan membaca pemahaman dan skor hasil tes keterampilan menulis teks laporan hasil observasi. Data tersebut diperoleh melalui dua jenis tes yaitu tes objektif untuk mengukur keterampilan membaca pemahaman dan tes unjuk kerja untuk mengukur keterampilan menulis teks laporan hasil observasi. Hasil penelitian ini ada tiga. Pertama, keterampilan membaca pemahaman siswa kelas VII SMP Negeri 33 Padang berada pada kualifikasi baik (B) dengan nilai rata-rata 81,42. Kedua, keterampilan menulis teks laporan hasil observasi siswa kelas VII SMP Negeri 33 Padang berada pada kualifikasi baik (B) dengan rata-rata 82,99. Ketiga, terdapat korelasi yang signifikan antara keterampilan membaca pemahaman dengan keterampilan menulis teks laporan hasil observasi siwa kelas VII SMP Negeri 33 Padang pada derajat kebebasan n-1 dan taraf signifikan 95%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa keterampilan membaca pemahaman berkorelasi dengan keterampilan menulis teks laporan hasil observasi. Secara umum, semakin baik keterampilan membaca pemahaman (X) akan semakin baik pula keterampilan menulis teks laporan hasil observasi (Y). Dengan demikian, diperlukan keterampilan membaca pemahaman yang baik agar keterampilan menulis juga baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 23 Sep 2019 08:02
Last Modified: 23 Sep 2019 08:02
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/23423

Actions (login required)

View Item View Item