Kontribusi Keterampilan Membaca Pemahaman terhadap Keterampilan Menulis Teks Prosedur Siswa Kelas VII SMP Negeri 10 Padang

Guci, Khairani Ulya (2019) Kontribusi Keterampilan Membaca Pemahaman terhadap Keterampilan Menulis Teks Prosedur Siswa Kelas VII SMP Negeri 10 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_Khairani_Ulya_Guci_15016067_3073_2019.pdf

Download (749kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini ada tiga. Pertama, mendeskripsikan keterampilan membaca pemahaman teks prosedur siswa kelas VII SMP Negeri 10 Padang. Kedua, mendeskripsikan keterampilan menulis teks prosedur siswa kelas VII SMP Negeri 10 Padang. Ketiga, mendeskripsikan kontribusi keterampilan membaca pemahaman teks prosedur terhadap keterampilan menulis teks prosedur siswa kelas VII SMP Negeri 10 Padang. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode deskriptif. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain kontribusi. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 10 Padang yang terdaftar pada tahun ajaran 2018/2019, yaitu sebanyak 285 orang siswa. Sampel dalam penelitian ini ditentukan dengan proportional random sampling 20% dari populasi, yaitu 54 orang siswa. Data penelitian ini berupa skor hasil tes keterampilan membaca pemahaman teks prosedur dan skor hasil tes keterampilan menulis teks prosedur. Data tersebut diperoleh melalui dua jenis tes yaitu tes objektif untuk mengukur keterampilan membaca pemahaman teks prosedur dan tes unjuk kerja untuk mengukur keterampilan menulis teks prosedur. Hasil penelitian ini ada tiga. Pertama, keterampilan membaca pemahaman teks prosedur siswa kelas VII SMP Negeri 10 Padang berada pada kualifikasi baik (B) dengan nilai rata-rata 80,23. Kedua, keterampilan menulis teks prosedur siswa kelas VII SMP Negeri 10 Padang berada pada kualifikasi baik (B) dengan rata- rata 80,94. Ketiga, terdapat kontribusi keterampilan membaca pemahaman teks prosedur terhadap keterampilan menulis teks prosedur siswa kelas VII SMP Negeri 10 Padang sebesar 51,55%. Berdasarkan basil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa keterampilan membaca pemahaman teks prosedur berkontribusi terhadap keterampilan menulis teks prosedur. Semakin baik keterampilan membaca pemahaman teks prosedur (X) akan semakin baik pula keterampilan menulis teks prosedur (Y). Dengan demikian, diperlukan keterampilan membaca pemahaman yang baik agar keterampilan menulis juga baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 23 Sep 2019 08:02
Last Modified: 23 Sep 2019 08:02
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/23421

Actions (login required)

View Item View Item