Korelasi Keterampilan Membaca Pemahaman dan Keterampilan Menulis Teks Eksposisi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 32 Padang

Afriyanti, Atika (2019) Korelasi Keterampilan Membaca Pemahaman dan Keterampilan Menulis Teks Eksposisi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 32 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_Atika_Afriyanti_15016099_2956_2019.pdf

Download (812kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini ada tiga. Pertama, mendeskripsikan keterampilan membaca pemahaman siswa kelas VIII SMP Negeri 32 Padang. Kedua, mendeskripsikan keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas VIII SMP Negeri 32 Padang. Ketiga, mendeskripsikan korelasi keterampilan membaca pemahaman dan keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas VIII SMP Negeri 32 Padang. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode deskriptif. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain korelasi. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 32 Padang yang terdaftar pada tahun ajaran 2018/2019, yaitu sebanyak 196 orang siswa. Sampel dalam penelitian ini ditentukan dengan proportional random sampling 25% dari populasi, yaitu 49 orang siswa. Data penelitian ini berupa skor hasil tes keterampilan membaca pemehaman dan skor hasil tes keterampilan menulis teks eksposisi. Data tersebut diperoleh melalui dua jenis tes yaitu tes objektif untuk mengukur keterampilan membaca pemahaman dan tes unjuk kerja untuk mengukur keterampilan menulis teks eksposisi. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan tiga hal berikut. Pertama, keterampilan membaca pemahaman siswa kelas VIII SMP Negeri 32 Padang berada pada kualifikasi lebih dari cukup. Hal ini disimpulkan berdasarkan rata­ rata hitung sebesar 69,93. Kedua, keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas VIII SMP Negeri 3 2 Padang berada pada kualifikasi baik. Hal ini terlihat dari perolehan rata­rata hitung tes menulis teks eksposisi sebesar 77,55. Ketiga, terdapat korelasi yang signifikan antara keterampilan membaca pemahaman dan keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas VIII SMP Negeri 32 Padang pada derajat kebebasan n­1 dan taraf signifikan 95%. HO ditolak dan HI diterima karena hasil pengujian membuktikan bahwa nilai thitung lebih besar daripada ttabel 4,37 > 1,68. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa keterampilan membaca pemahaman berkorelasi terhadap keterampilan menulis teks eksposisi. Semakin baik keterampilan membaca pemahaman (X) akan semakin baik pula keterampilan menulis teks eksposisi (Y). Dengan demikian, diperlukan keterampilan membaca pemahaman yang baik agar keterampilan menulis juga baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 23 Sep 2019 04:39
Last Modified: 23 Sep 2019 04:39
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/23416

Actions (login required)

View Item View Item