Strategi Pembelajaran Seni Tari di SMP Negeri 35 Padang

Ramadhani, Maziyah (2019) Strategi Pembelajaran Seni Tari di SMP Negeri 35 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_06_Maziyah_Ramadhani_15023158_3650_2019.pdf

Download (519kB) | Preview

Abstract

Penelitian bertujuan untuk menemukan dan mendeskripsikan strategi yang dilakukan dalam Pembelajaran Seni Budaya Khususnya Pada Materi Ajar Seni Tari di SMP Negeri 35 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif analisis. Instrumen dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri dan dibantu dengan instrumen pendukung seperti alat tulis dan kamera. Jenis pengumpulan data menggunaan data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara studi pustaka, observasi, wawancara, dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran seni tari di SMP Negeri 35 Padang belum terlaksana dengan baik dan belum mencapai tujuan pembelajaran secara maksimal karena strategi yang digunakan belum diterapkan sepenuhnya. Hal ini disebabkan karena guru kurang menguasai materi dan penyampaian materi yang kurang menarik sehingga membuat siswa menjadi bosan dan tidak focus pada pembelajaran tersebut. Pemilihan metode yang tepat merupakan suatu rencana agar tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan baik. guru lebih cenderung menggunakan metode ceramah saja. Terdapat keuntungan bagi sekolah yang memiliki kelengkapan sarana dan prasarana. Pertama, kelengkapan sarana dan sarana dapat menumbuhkan gairah dan motivasi guru mengajar. Kedua, kelengkapan sarana dan prasarana dapat memberikan berbagai pilihan pada siswa untuk belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: M Music and Books on Music > MT Musical instruction and study
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari dan Musik - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 21 Sep 2019 03:14
Last Modified: 21 Sep 2019 03:14
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/23408

Actions (login required)

View Item View Item