Pengembangan Buku Siswa Berbasis Metakognisi pada Materi Sistem Imun untuk Peserta Didik Kelas XI SMA/MA

Al Fahrurz, Al Fahrurz (2018) Pengembangan Buku Siswa Berbasis Metakognisi pada Materi Sistem Imun untuk Peserta Didik Kelas XI SMA/MA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_03_AL_FAHRURZ_14031040_3668_2018.pdf

Download (147kB) | Preview

Abstract

Metakognisi merupakan salah satu kemampuan yang merangsang kesadaran berpikir peserta didik dalam belajar dengan cara mengatur alur berpikir, memutuskan, memilah, bahkan melakukan introfeksi demi perbaikan pola pikir. Kesadaran berpikir peserta didik dalam belajar perlu ditingkatkan agar kelak peserta didik dapat memiliki keterampilan pembelajaran dan berinovasi, pengetahuan dan kemampuan dibidang teknologi, media dan informasi. Berdasarkan penyebaran angket di MA Negeri Kab Lima Puluh Kota sudah menggunakan media pembelajaran, namun media yang digunakan belum sepenuhnya mendukung untuk peserta didik dalam meningkatkan kesadaran berpikir dalam belajar. Hal ini juga terlihat pada penyajian materi sistem imun yang termasuk materi sulit di MA Negeri Kab. Lima Puluh Kota. Buku siswa berbasis metakognisi merupakan salah satu strategi untuk memudahkan dan meningkatkan kesadaran berpikir peserta didik dalam memahami materi sistem imun sehingga kesulitan terhadap materi dapat diatasi. Berdasarkan hal tersebut, dilakukan penelitian dengan tujuan menghasilkan buku siswa berbasis metakognisi untuk peserta didik Kelas XI SMA/MA yang valid dan praktis.Jenis penelitian adalah penelitian pengembangan menggunakan tiga tahapan dari model 4-D yaitu: define, design, develop. Tahap define adalah tahap menetapkan dan mendifinisikan syarat pembelajaran. Tahap design adalah tahap menyiapkan prototype buku siswa yang dikembangkan. Tahap develop adalah tahap yang menghasilkan buku siswa berbasis metakognisi pada materi sistem imun dan dilakukan validasi oleh dua orang dosen dan dua guru serta uji praktikalitas dilakukan oleh dua orang guru biologi dan 25 orang peserta didik Kelas XI MA Negeri Kab. Lima Puluh Kota. Data penelitian ini adalah data primer yang diperoleh dari hasil uji angket validasi dan praktikalitas, kemudian dianalisis dengan analisis deskriptif. Buku siswa berbasis metakognisi yang dihasilkan berdasarkan aspek kelayakan isi, kebahasaan, penyajian, kegrafikaan dan metakognisi bernilai 3,65 dengan kriteria sangat valid. Buku siswa yang dihasilkan dari segi kemudahan penggunaan, waktu pembelajaran, manfaat, dan metakognisi bernilai 3,64 oleh guru dengan kriteria sangat praktis dan 3,42 oleh peserta didik dengan kriteria sangat praktis. Jadi, buku siswa berbasis metakognisi pada materi sisem imun yang dikembangkan dinyatakan sangat valid dan sangat praktis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 20 Sep 2019 01:20
Last Modified: 20 Sep 2019 01:20
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/23399

Actions (login required)

View Item View Item