Pengembangan Komik Biologi Berwarna Dilengkapi Mind Map Bergambar tentang Materi Sistem Peredaran Darah Manusia Untuk SMP

Nofista, Adilah Yuan (2018) Pengembangan Komik Biologi Berwarna Dilengkapi Mind Map Bergambar tentang Materi Sistem Peredaran Darah Manusia Untuk SMP. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_03_ADILAH_YUAN_NOFISTA_1301517_4075_2018.pdf

Download (8kB) | Preview

Abstract

Materi sistem peredaran darah pada manusia merupakan materi yang cukup sulit dipahami oleh peserta didik SMP karena materi bersifat padat dan kompleks. Pemahaman materi tersebut dapat dibantu dengan media yang tepat agar dapat memotivasi peserta didik dalam belajar. Media yang dapat digunakan oleh peserta didik dapat berupa komik pembelajaran dan mind map. Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk menghasilkan komik biologi berwarna dilengkapi mind map bergambar tentang materi sistem peredaran darah manusia untuk SMP yang valid dan praktis. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian pengembangan menggunakan 3 tahap dari 4-D Model yaitu define, design dan develop. Penelitian ini dilakukan di Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Padang dan uji coba komik biologi ini dilakukan di SMP Pembangunan Laboratorium Universitas Negeri Padang. Komik ini divalidasi oleh 2 orang dosen jurusan Biologi FMIPA UNP dan 1 orang guru Biologi SMP Pembangunan Laboratorium UNP. Subjek penelitian ini adalah 1 orang guru Biologi dan 25 orang peserta didik Kelas VIII.A SMP Pembangunan Laboratorium UNP. Data penelitian ini adalah data primer yang terdiri dari validitas dan uji praktikalitas. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah statistik deskriptif berupa persentase. Komik biologi yang telah dihasilkan ini dikembangkan dengan menggunakan 3 tahapan dari model pengembangan 4-D Models yaitu tahap define, design, dan develop. Komik biologi ini memperoleh nilai validitas sebesar 92,88% dengan kriteria sangat valid, sedangkan nilai praktikalitas yang diperoleh yaitu sebesar 95,14% dengan kriteria sangat praktis oleh guru dan 88,40% dengan kriteria praktis oleh peserta didik. Kesimpulannya, komik biologi berwarna dilengkapi mind map bergambar yang dihasilkan memiliki kriteria sangat valid dan sangat praktis untuk guru dan praktis untuk peserta didik saat digunakan dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 20 Sep 2019 01:19
Last Modified: 20 Sep 2019 01:20
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/23398

Actions (login required)

View Item View Item