Faktor-faktor yang Mempengaruhi Partisipasi Tenaga Kerja di Kabupaten Tanah Datar tahun 2017 Menggunakan Analisis Regresi Probit

Ariska, Tria (2018) Faktor-faktor yang Mempengaruhi Partisipasi Tenaga Kerja di Kabupaten Tanah Datar tahun 2017 Menggunakan Analisis Regresi Probit. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_02_TRIA_ARISKA_15037037_4190_2018.pdf

Download (169kB) | Preview

Abstract

Salah satu faktor yang menentukan keberhasilan pembangunan dalam bidang ekonomi disuatu daerah adalah sumber daya manusia berupa tenaga kerja. Semakin banyaknya masyarakat yang terlibat dalam dunia kerja atau tenaga kerja yang ikut terlibat dalam proses produksi, akan menyebabkan barang dan jasa yang di produksi dalam masyarakat bertambah, sehingga mengakibatkan tingkat pendapatan daerah tersebut ikut meningkat. Dengan meningkatnya pendapatan daerah tersebut akan berdampak pada pertumbuhan ekonominya.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bentuk model regresi probit dari faktor-faktor yang mempengaruhi partisipasi tenaga kerja, mendeskripsikan faktor-faktor apa saja yang mempengaruhipartisipasi tenaga kerja, dan peluang dari faktor-faktor yang mempengaruhi partisipasi tenaga kerja di Kabupaten Tanah Datar. Jenis penelitian ini adalah penelitian terapan. Sampel dalam penelitian ini diperoleh dari unit sampel dalam Survei Angkatan Kerja Nasional (SAKERNAS) Badan Pusat Statistik Kabupaten Tanah Datar tahun 2017 yang berjumlah 1490 sampel.Data yang diperoleh diolah menggunakan analisis regresi probit. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh model regresi probit terbaik yang menggambarkan faktor-faktor yang mempengaruhi partisipasi tenaga kerjadi Kabupaten Tanah Datar tahun 2017 adalah: Φ−1(Pi) = 2,635 – 4,632 X8 Dari model tersebut, dapat diketahui bahwa faktor yang mempengaruhipartisipasi tenaga kerja secara signifikan adalah status bekerja (X8). Peluang tertinggi adalah partisipasi tenaga kerja dengan status bekerja yaitu berusaha sendiri yang memiliki peluang sebesar 99,58%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 20 Sep 2019 01:18
Last Modified: 20 Sep 2019 01:18
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/23387

Actions (login required)

View Item View Item