Perjuangan Perempuan dalam Novel Saman Karya Ayu Utami (Kajian Feminisme) dan Implementasinya dalam Pembelajaran Teks Novel Kelas XII SMA

Putri, Elvi Novrita (2019) Perjuangan Perempuan dalam Novel Saman Karya Ayu Utami (Kajian Feminisme) dan Implementasinya dalam Pembelajaran Teks Novel Kelas XII SMA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_Elvi_Novrita_Putri_15016086_3303_2019.pdf

Download (844kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini membahas tentang perjuangan perempuan dalam Saman karya Ayu Utami (Kajian Feminisme) dan Implementasinya dalam Pembelajaran Teks Novel Kelas XII SMA. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis bentuk perjuangan perempuan dalam novel Saman karya Ayu Utami (Kajian Feminisme) dan implementasinya dalam pembelajaran teks novel siswa kelas XII SMA. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Sumber data di dalam penelitian ini adalah novel Saman karya Ayu Utami. Data di dalam penelitian ini berupa kata, frasa, klausa, dan kalimat yang mengindikasikan bentuk perjuangan perempuan dalam novel tersebut. Subjek penelitian ini adalah peneliti sendiri dengan bantuan instrumen lain berupa lembaran pencatatan. Teknik pengumpulan data, yaitu membaca dan memahami novel novel Saman karya Ayu Utami, melakukan studi kepustakaan berkaitan dengan masalah penelitian, serta mencari dan mencatat data yang berkaitan dengan masalah penelitian yang terdapat di dalam novel. Teknik pengabsahan data menggunakan teknik uraian rinci. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan beberapa hal berikut. Pertama, Bentuk perjuangan perempuan yang terdapat pada novel Saman karya Ayu Utami adalah perjuangan dalam bentuk verbal dan nonverbal yang dilakukan oleh masing-masing tokoh perempuan Laila, Shakunatala, Cok dan Yasmin. Bentuk verbal yaitu berupa tindakan lisan dari tokoh dan nonverbal berupa tindakan fisik dari tokoh. Kedua, implementasi perjuangan perempuan dalam novel Saman karya Ayu Utami dalam pembelajaran teks novel kelas XII SMA Kurikulum 2013 dengan kompetensi dasar yang berkaitan dengan tiga aspek penilaian, yaitu penilaian pengetahuan, sikap, dan keterampilan. Pembelajaran teks novel pada kelas XII SMA melalui KD 3.9 Menganalisis isi dan kebahasaan novel. Indikator pencapaiannya yaitu, 3.9.1 mengidentifikasi struktur teks sebuah novel, 3.9.2 menganalisis unsur instrinsik sebuah novel, 3.9.3 menganalisis unsur ekstrinsik sebuah novel, 3.9.4 menganalisis kebahasaan (ungkapan, majas, peribahasa) yang terdapat dalam novelet. Melalui bahan ajar dan RPP guru atau pendidik dapat mengajarkan atau menyosialisasikan pembelajaran perjuangan perempuan kepada siswa atau peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 20 Sep 2019 01:16
Last Modified: 20 Sep 2019 01:16
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/23376

Actions (login required)

View Item View Item