Pengelompokan Gugusan Sekolah Berdasarkan Hasil Ujian Tingkat SD Tahun 2017 di Kecamatan Kuranji Menggunakan Analisis Gerombol

Rahman, Rifki Aulia (2018) Pengelompokan Gugusan Sekolah Berdasarkan Hasil Ujian Tingkat SD Tahun 2017 di Kecamatan Kuranji Menggunakan Analisis Gerombol. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_02_RIFKI_AULIA_RAHMAN_14037028_3186_2018.pdf

Download (99kB) | Preview

Abstract

Hasil Ujian Nasional dan ujian sekolah merupakan salah satu tolak ukur bagi pemerintah untuk menilai pencapaian hasil belajar siswa dan mutu pendidikan di suatu daerah. Di Kecamatan Kuranji, terdapat 56 SD/MI sederajat yang mengikuti Ujian Nasional dan ujian sekolah. Dari 56 SD/MI tersebut telah di dibagi menjadi beberapa gugus sekolah. Masing-masing gugus memiliki beragam hasil ujian dengan rata-rata nilai yang tinggi hingga rendah, sehingga terdapat banyak variasi hasil ujian setiap gugus Kecamatan Kuranji. Padahal Ujian Nasional dan ujian sekolah merupakan salah satu bahan pertimbangan seleksi masuk pendidikan berikutnya. Untuk itu perlu dilakukan pengelompokan gugus sekolah berdasarkan Ujian Nasional dan ujian sekolah agar pemerintah dapat mengetahui gugus mana yang perlu diprioritas dalam perbaikan, pembinaan dan pemberian bantuan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik hasil Ujian Nasional dan ujian sekolah dimasing-masing gugus di Kecamatan Kuranji untuk jenjang SD/MI. Analisis yang digunakan adalah analisis gerombol. Analisis gerombol merupakan suatu teknik analisis statistik yang bertujuan untuk mengelompokkan objek-objek pengamatan berdasarkan karakteristik yang dimiliki. Analisis gerombol mengklasifikasikan objek sehingga setiap objek yang paling dekat kesamaannya dengan objek lain berada dalam satu gerombol. Pada penelitian ini, objek yang digunakan adalah 8 gugus sekolah dasar di Kecamatan Kuranji dan variabelnyanya adalah mata pelajaran yang diujikan dalam Ujian Nasional dan ujian sekolah. Hasil penelitian diperoleh 4 gerombol pada Ujian Nasional dan 4 Gerombol pada ujian sekolah. Pada Ujian Nasional pencapaian kompetensi yang diperoleh oleh gerombol I yaitu baik, cukup, sangat baik. Pada gerombol II semua kategori baik, gerombol III yaitu baik, cukup, baik, dan gerombol IV yaitu baik, cukup, baik. Pada ujian sekolah pencapaian kompetensi yang diperoleh gerombol II pada semua matapelajaran termasuk dalam kategori adalah baik sedangkan untuk gerombol I, III, dan IV yaitu baik, baik sangat baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 19 Sep 2019 04:09
Last Modified: 19 Sep 2019 04:09
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/23358

Actions (login required)

View Item View Item