Implementasi Model Pembelajaran Pendidikan Teknologi Dasar pada Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah di Sumatera Barat

Chandra, R.Chandra and Fernandez, Donny and Alwi, Erzeddin (2019) Implementasi Model Pembelajaran Pendidikan Teknologi Dasar pada Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah di Sumatera Barat. Project Report. FT UNP, Padang.

[img]
Preview
Text
1_759_lapakh_1_LaporanAkhirPenelitianPPT10018RC.pdf

Download (218kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasikan model Pembelajaran Pendidikan Teknologi Dasar (PTD) pada SMP/MTs, di Sumatera Barat. Model pembelajaran PTD melingkupi desain/prototipe mengenai kurikulum, standar kompetensi lulusan, bahan ajar/modul, alokasi waktu, media belajar, sarana prasarana, penilaian hasil belajar dan komponen pendukung lainnya. Penelitian ini diawali dengan penelitian tahap pertama yaitu melakukan analisis kebutuhan terhadap keberadaan dan manfaat mata pelajaran PTD, merancang prototipe model, melakukan uji coba, dan melakukan revisi atau penyesuaian model manakala diperlukan. Tahap kedua adalah mengimplementasikan/melaksanakan pengajaran PTD pada SMP/MTs yang terpilih untuk dianalisis capaian hasil belajarnya dan kelayakan model Model PTD pada penelitian ini dikembangkan berdasarkan tiga komponen utama yaitu, pertama: komponen Area Teknologi (apa yang akan dipelajari), kedua: Pil ar Teknologi (proses dan apa yang digunakan untuk memproses area teknologi) dan ketiga: Domain Teknologi (apa yang menjadi dasar pengembangan kemampuan siswa). Komponen area teknologi menyangkut berbagai teknologi yang dibutuhkan manusia. Area teknologi yang dipelajari di dalam PTD sedikitnya dapat digolongkan dalam 6 macam, yaitu: Teknologi konstruksi, Teknologi industri, Teknologi komunikasi dan informasi, Teknologi transportasi, Teknologi enerji, dan Teknologi bio (termasuk teknologi pertanian dan lingkungan). Pilar teknologi berkaitan dengan apa yang diolah dan diproses pada area teknologi mencakup tiga hal, yaitu: materi, energi dan informasi. Selanjutnya ada tiga domain teknologi yang menjadi acuan dalam pengembangan kemampuan/kompetensi lulusan setelah mempelajari PTD, yaitu: Teknologi dan Masyarakat, Penanganan Produk Teknologi, serta Perancangan dan Pembuatan Produk Teknologi. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Pengembangan. Setelah model pembelajaran PTD diperbaiki, pengimplementasian akan diimplementasikan melalui tahapan Pembentukan Tim Kerja/Pendampingan, Penetapan Sekolah, Pelaksanaan Program di Sekolah, Penyesuaian Program Pembelajaran, Penyesuaian Modul dan Media Pembelajaran, Sosialisasi Program, Pengadaan Fasilitas, Pelatihan Tenaga Guru, serta Monitoring Dan Evaluasi. Model PTD akan diujicobakan pada beberapa SMP/MTs rintisan di dua kabupaten/kota, untuk selanjutnya dapat diaplikasikan secara lebih luas pada tingkat provinsi. Penelitian diharapkan akan menghasilkan sebuah model pemelajaran PTD setelah melalui serangkaian uji coba, sehingga pelaksanaan pemelajaran PTD pada cakupan sekolah yang lebih luas dapat didasarkan pada suatu best practice yang teruji

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: T Technology > GT Technology (general)
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Mesin - D3
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 19 Sep 2019 04:08
Last Modified: 19 Sep 2019 04:08
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/23345

Actions (login required)

View Item View Item