Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Peserta Didik Kelas VIII SMPN 31 Padang

Muthmainnah, Muthmainnah (2018) Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Peserta Didik Kelas VIII SMPN 31 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_02_MUTHMAINNAH_1301388_3937_2018.pdf

Download (86kB) | Preview

Abstract

Kemampuan berpikir kritis sangat dibutuhkan untuk dikembangkan di sekolah terutama dalam pembelajaran matematika. Namun, kenyataannya kemampuan berpikir kritis matematis peserta didik khususnya kelas VIII di Indonesia masih rendah dibandingkan negara lain. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis peserta didik dalam menyelesaikan permasalahan matematika dan kemampuannya pada masingmasing indikator kemampuan berpikir kritis di kelasVIII SMPN 31 Padang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek pada penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII.2 SMPN 31 Padang tahun pelajaran 2017/2018. Pemilihan subjek dilakukan dengan purposive sampling. Pengambilan data dilakukan dengan melakukan observasi, memberikan tes kemampuan berpikir kritis berbentuk soal uraian, kemudian melakukan wawancara berdasarkan hasil tes kemampuan berpikir kritis pada masing-masing kelompok tinggi, sedang, dan rendah. Teknik analisis data dilakukan menggunakan teknis analisis model Miles dan Huberman. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh kesimpulan bahwa kemampuan berpikir kritis peserta didik masih kurang terutama pada indikator evaluasi dan inferensi. Hal ini dikarenakan masih kurangnya aktivitas peserta didik yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis seperti berpendapat sesuai dengan sumber yang tepat, memberikan alasan yang tepat dalam menyanggah,memutuskan hal-hal yang akan dilakukan, sertamenyimpulkan materi yang dibahas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 19 Sep 2019 01:25
Last Modified: 19 Sep 2019 01:25
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/23329

Actions (login required)

View Item View Item