Rancang Bangun Smart Engine Stand Motor Bensin sistem EFI (Electronic Fuel Injection)dengan Indikator Output Sensor dan Aktuator sebagai Media Pembelajaran Mahasiswa Jurusan Teknik Otomotif FT UNP

Sugiarto, Toto and Sudarno, Dwi and Wagino, Wagino (2018) Rancang Bangun Smart Engine Stand Motor Bensin sistem EFI (Electronic Fuel Injection)dengan Indikator Output Sensor dan Aktuator sebagai Media Pembelajaran Mahasiswa Jurusan Teknik Otomotif FT UNP. Project Report. FT UNP, Padang.

[img]
Preview
Text
1_775_lapakh_Laporan_Akhir_PPT_2018_TotoSugiarto_FTUNP.pdf

Download (223kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan jangka panjang untuk mewujudkan sebuah media pembelajaran berupa alat peraga “Smart Engine Stand Motor Bensin Sistem EFI (Electronic Fuel Injection) yang dilengkapi dengan indikator output sensor dan aktuator”, yang digunakan dalam dunia pendidikan Teknik Otomotif. Penelitian ini telah sejalan dengan Rencana Induk Universitas Negeri Padang (UNP). Dalam rencana induk penelitian UNP poin pertama yang menjadi fokus penelitian UNP Tahun 2016 – 2020 adalah Pendidikan dan Ilmu Pendidikan yang terdiri dari topik: a) Kebijakan pendidikan dan implementasinya; b) Model, media, teknologi dan bahan pembelajaran; dan c) Penilaian pendidikan dan pembelajaran. Inovasi baru yang akan diterapkan dalam penelitian ini adalah penggunaan indikator real time pada setiap sensor dan aktuator yang ada pada sebuah engine stand motor bensin yang telah menggunakan sistem EFI (Electronic Fuel Injection). Sensor-sensor dan aktuator yang ada pada sebuah motor bensin dengan sistem EFI memiliki karakteristik yang berbeda sehingga indikator yang digunakanpun tidaklah sama. Langkah penelitian akan diawali dengan meneliti karakteristik dari masing-masing sensor dan aktuator, kemudian dilanjutkan dengan pemilihan indikator untuk tiap sensor dan aktuator, dan terakhir perancangan bentuk engine stand dan susunan penempatan real time indikator yang digunakan sesuai dengan karakteristik yang dimiliki setiap sensor dan aktuator yang ada pada sebuah mesin. Dengan adanya indikator output sensor dan aktuator ini, peserta didik akan lebih mudah dan cepat dalam memahami cara kerja motor bensin dengan sistem EFI.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 19 Sep 2019 01:25
Last Modified: 27 Jul 2021 01:35
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/23325

Actions (login required)

View Item View Item