Optimal Design of Outer Rotor Brushless Direct Current (BLDC) Motor for Improving The Perfomance of Mini Electric Vehicle Applications

Purwanto, Wawan and Sugiarto, Toto (2018) Optimal Design of Outer Rotor Brushless Direct Current (BLDC) Motor for Improving The Perfomance of Mini Electric Vehicle Applications. Project Report. FT UNP, Padang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Efisiensi energi listrik dalam sebuah motor dengan pengerak listrik telah menjadi kebutuhan. Mendukung akan hal itu, Penelitian ini bertujuan untuk menemukan parameter yang sesuai dari BLDC motor untuk meningkatkan unjuk kerjanya. Fungsi objectif dari penelitian ini adalah peningkatan Torsi, efisiensi, serta penurunan konsumsi arus DC pada mini kendaraan dengan penggerak listrik. Metode optimasi design of experiment (DOE) dan analisis of variance (ANOVA) digunakan untuk menemukan titik optimum dari setiap parameter motor tersebut. Analisis matematis dipadukan dengan equivalent BLDC motor circuit serta finite element analysis (FEA) dikembangkan sebagai upaya memprediksikan nilai unjuk kerja motor tesebut. Sebagai upaya dalam memvalidasikan dan memverifikasikan hasil nilai optimum dari konfigurasi motor hasil optimasi, prototype motor dibuat, hasilnya akan dibandingkan antara kinerja motor hasil optimasi dan prototype.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 19 Sep 2019 01:25
Last Modified: 25 Jul 2021 12:51
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/23324

Actions (login required)

View Item View Item