Model Pengembangan Pembelajaran Seni Kreatif Berbasis Budaya Lokal (Transformasi Ukiran Rumah Gadang menjadi Produk Kreatif)

Efi, Agusti Model Pengembangan Pembelajaran Seni Kreatif Berbasis Budaya Lokal (Transformasi Ukiran Rumah Gadang menjadi Produk Kreatif). Project Report. FPP UNP, Padang.

[img]
Preview
Text
1_779_lapakh_combinepdf-min.pdf

Download (310kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian pengembangan, melakukan transformasi motif ukiran menjadi desain batik. Ragam hias motif ukiran Minangkabau biasanya dipakai untuk dinding rumah gadang yang berfungsi sebagai ornamen dekoratif. Pada penelitian ini ukiran Minangkabau diuji coba menjadi motif batik. Hasil Penelitan selanjutnya dikembangkan sebagai model pembelajaran mata kuliah Seni Kreatif. Penelitian ini menggunakan metode penembangan dengan model 4 D, dengan menggunakan metode belajar kreatif produktif. Desain ukiran Minangkabau yang biasanya sebagai motif ukir dikembangkan menjadi motif batik melalui langkah-langkah uji kelayakan. Dari penelitian ini telah ditemukan langkah-langkah pengembangan, maka catatan langkah langkah dan teknik yang dilakukan dikembangkan menjadi model dalam pembelajaran Seni Kreatif berbasis budaya lokal. Untuk mendapatkan hasil yang valid telah dilakukan serangkaian uji kelayakan melalui FGD (uji produk) dan uji T untuk pengembangan modul. Sebagai luaran darai penelitian ini adalah 1) Model/desain produk. 2) Jurnal/makalah yang sudah dipresentasikan dalam seminanr Internasional, 3) Proposal disertasi atas nama Rambang Muharramsyah, 3) Proposal disertasi atas nama Ilham Zamil dan 5) Modul Pembelajaran Seni Kreatif: Trasformasi Ukiran Minangkabau Menjadi Seni Batik.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: N Fine Arts > NK Decorative arts Applied arts Decoration and ornament
Divisions: Fakultas Pariwisata dan Perhotelan > Pendidikan Kesejahteraan Keluarga - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 19 Sep 2019 01:25
Last Modified: 19 Sep 2019 01:25
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/23323

Actions (login required)

View Item View Item