Faktor yang Mempengaruhi Stres Mahasiswa Jurusan Matematika dalam Penyusunan Skripsi/Tugas Akhir Menggunakan Analisis Faktor

Hilmi, Khaira (2018) Faktor yang Mempengaruhi Stres Mahasiswa Jurusan Matematika dalam Penyusunan Skripsi/Tugas Akhir Menggunakan Analisis Faktor. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_02_KHAIRA_HILMI_15037019_3521_2018.pdf

Download (93kB) | Preview

Abstract

Stres merupakan suatu keadaan yang dialami seseorang ketika ada sebuah ketidaksesuaian antara tuntutan yang ingin dicapai dengan kemampuan untuk mengatasinya. Ketidaksesuaian tuntutan tersebut dipersepsikan sebagai ancaman potensial terhadap gangguan fisik, emosional dan spiritual seseorang. Dalam dunia pendidikan stres cenderung dialami mahasiswa, diantaranya stres dalam penyusunan Skripsi/Tugas Akhir. Ada banyak indikator yang mempengaruhi stres mahasiswa dalam penyusunan Skripsi/Tugas Akhir yang dikelompokkan menjadi beberapa variabel diantaranya motivasi (1), kondisi fisik (2), tipe kepribadian (3), orang tua/keluarga (4), beban SKS (5), dosen pembimbing (6), proses penelitian (7), dan fasilitas/literatur (8) yang diduga memiliki keterkaitan hubungan. Untuk melihat adanya keterkaitan hubungan antara variabel tersebut maka digunakan analisis faktor. Jenis penelitian ini adalah penelitian terapan. Pada penelitian ini populasinya adalah seluruh mahasiwa Jurusan Matematika yang mengambil mata kuliah Skripsi/Tugas Akhir semester Januari-Juni 2018, sedangkan sampel yang diambil berjumlah 139 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah proporsional random sampling. Instrumen kuisioner terdiri dari 28 pernyataan. Data yang diperoleh diolah menggunakan analisis faktor. Hasil penelitian ini dengan melibatkan beberapa variabel yang diasumsikan memiliki kaitan yang cukup kuat satu sama lain dikelompokkan menjadi tiga faktor. Kumpulan faktor yang terbentuk menerangkan hubungan antara variabel dan menyerap sebagian besar informasi yang dimiliki variabel awal. Faktor pertama yang mempengaruhi stres mahasiswa Jurusan Matematika dalam penyusunan Skripsi/Tugas Akhir termuat variabel yang saling berhubungan yaitu motivasi, kondisi fisik, dan beban SKS. Faktor kedua termuat variabel yang saling berhubungan yaitu variabel tipe kepribadian dan dosen pembimbing. Selanjutnya faktor ketiga termuat variabel yang saling berhubungan yaitu orang tua/keluarga, proses penelitian, dan fasilitas/literatur.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 18 Sep 2019 02:50
Last Modified: 18 Sep 2019 02:50
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/23310

Actions (login required)

View Item View Item