Kontribusi Keterampilan Membaca Apresiatif Teks Fabel terhadap Keterampilan Menulis Teks Fabel Siswa Kelas VII SMP Negeri 30 Padang

Putri, Melisa (2019) Kontribusi Keterampilan Membaca Apresiatif Teks Fabel terhadap Keterampilan Menulis Teks Fabel Siswa Kelas VII SMP Negeri 30 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_Melisa_Putri_15016075_3142_2019.pdf

Download (758kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini ada tiga. Pertama, mendeskripsikan keterampilan membaca apresitif teks fabel siswa kelas VII SMP Negeri 30 Padang. Kedua, mendeskripsikan keterampilan menulis teks fabel siswa kelas VII SMP Negeri 30 Padang. Ketiga, mendeskripsikan kontribusi keterampilan membaca apresiatif teks fabel terhadap keterampilan menulis teks fabel siswa kelas VII SMP Negeri 30 Padang. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode deskriptif. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain kontribusi. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 30 Padang yang terdaftar pada tahun ajaran 2018/2019, yaitu sebanyak 254 orang siswa. Sampel dalam penelitian ini ditentukan dengan proportional random sampling 20% dari populasi, yaitu 56 orang siswa. Data penelitian ini berupa skor hasil tes keterampilan membaca apresiatif teks fabel dan skor hasil tes keterampilan menulis teks fabel. Data tersebut diperoleh melalui dua jenis tes yaitu tes objektif untuk mengukur keterampilan membaca apresiatif teks fabel dan tes unjuk kerja untuk mengukur keterampilan menulis teks fabel. Hasil penelitian ini ada tiga. Pertama, keterampilan membaca apresiatif teks fabel siswa kelas VII SMP Negeri 30 Padang berada pada kualifikasi baik (B) dengan nilai rata-rata 74, 19. Kedua, keterampilan menulis teks fabel siswa kelas VII SMP Negeri 30 Padang berada pada kualifikasi baik (B) dengan rata-rata 76,64. Ketiga, terdapat kontribusi keterampilan membaca apresiatif teks fabel terhadap keterampilan menulis teks fabel siswa kelas VII SMP Negeri 30 Padang sebesar 51,4%. Ho ditolak dan H1 diterima karena hasil pengujian membuktikan bahwa fhitung lebih besar daripada ftabel yaitu 0, 717 > 0,254. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa keterampilan membaca apresiatif teks fabel berkontribusi terhadap keterampilan menulis teks fabel. Semakin baik keterampilan membaca apresiatif teks fabel (X) akan semakin baik pula keterampilan menulis teks fabel (Y). Secara umum, diperlukan keterampilan membaca apresiatif yang baik agar keterampilan menulis juga baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 18 Sep 2019 02:50
Last Modified: 18 Sep 2019 02:50
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/23309

Actions (login required)

View Item View Item