Pengelompokkan Provinsi di Indonesia Berdasarkan Indikator Pendidikan SMA/SMK dengan Menggunakan Analisis Gerombol (K-Means)

Fatrizal, Indra (2018) Pengelompokkan Provinsi di Indonesia Berdasarkan Indikator Pendidikan SMA/SMK dengan Menggunakan Analisis Gerombol (K-Means). Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_02_INDRA_FATRIZAL_14037016_3801_2018.pdf

Download (171kB) | Preview

Abstract

Peningkatan mutu pendidikan harus terus di upayakan oleh pemerintah dengan membuka kesempatan yang seluas-luasnya kepada seluruh masyarakat di Indonesia agar dapat mengenyam pendidikan yang layak, hingga pada peningkatan kualitas dan kuantitas sarana serta prasarana pendidikan. Indonesia terdiri dari 34 provinsi dengan tingkat mutu pendidikan yang berbeda-beda. Maka untuk mengetahui dan mengevaluasi tingkat mutu pendidikan di Indonesia, diperlukan indikator pendidikan yang dapat menggambarkan mutu pendidikan di Indonesia. Agar lebih mempermudah pemerintah dalam usaha untuk memeratakan pendidikan maka sangat penting dilakukan pengelompokkan provinsi –provinsi di Indonesia berdasarkan indikator pendidikan tersebut. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Analisis Gerombol dengan metode K-Means. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder. Pada penelitian ini objek yang digunakan adalah 34 provinsi di Indonesia dan variabel nya adalah indikator pendidikan SMA/SMK tahun 2016/2017. Sumber data adalah Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan. Hasil penelitian diperoleh tiga kelompok pada indikator pendidikan SMA/SMK. Kelompok I yaitu beranggotakan Provinsi DKI Jakarta, DI Yogyakarta, Aceh, Sumatera Barat, Riau, Kep. Riau, Jambi, Bengkulu, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Maluku, Maluku Utara, Bali dan Provinsi Nusa Tenggara Barat. Kelompok II yaitu Provinsi Jawa Barat, Banten, Jawa Tengah, Jawa Timur, Sumatera Utara, Sumatera Selatan, Bangka Belitung, Lampung, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Sulawesi Barat dan Provinsi Nusa Tenggara Timur. Kelompok III beranggotakan Provinsi Papua dan Papua Barat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 18 Sep 2019 02:50
Last Modified: 18 Sep 2019 02:50
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/23307

Actions (login required)

View Item View Item