Korelasi Keterampilan Membaca Pemahaman dengan Keterampilan Menulis Teks Deskripsi Siswa Kelas VII SMP Negeri 31 Padang

Khairiah, Citra Yaumil (2019) Korelasi Keterampilan Membaca Pemahaman dengan Keterampilan Menulis Teks Deskripsi Siswa Kelas VII SMP Negeri 31 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_Citra_Yaumil_Khairiah_15016103_3820_2019.pdf

Download (828kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan hal-hal sebagai berikut. Pertama, mendeskripsikan keterampilan membaca pemahaman siswa kelas VII SMP Negeri 31 Padang. Kedua, mendeskripsikan keterampilan menulis teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 31 Padang. Ketiga, menjelaskan hubungan antara keterampilaan membaca pemahaman dengan keterampilan menulis teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 31 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode korelasional. Rancangan penelitian yang digunakan adalah hubungan korelasional dua variabel. Populasi penelitian ini siswa kelas VII SMP Negeri 31 Padang yang terdaftar pada tahun ajaran 2018/2019 dengan jumlah 256 siswa yang tersebar dalam delapan kelas. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 48 orang. Sampel diambil dengan menggunakan teknik acak sederhana dengan porposisi sebesar 20% menggunakan teknik proporsional random sampling. Instrumen penelitian ini adalah tes objektif keterampilan membaca pemahaman teks deskripsi dan tes unjuk kerja, yaitu tes menulis teks deskripsi. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan tiga hal berikut. Pertama, keterampilan membaca pemahaman siswa kelas VII SMP Negeri 31 Padang berada pada kualifikasi baik berdasarkan rata-rata hitung sebesar 81,80. Kedua, keterampilan menulis teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 31 Padang berada pada kualifikasi lebih dari cukup dengan perolehan rata-rata hitung tes menulis teks deskripsi sebesar 79,51. Ketiga, terdapat korelasi yang signifikan antara keterampilan membaca pemahaman dengan keterampilan menulis teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 31 Padang pada derajat kebebasan n-1 dan taraf signifikan 95%. HO ditolak dan Hl diterima karena hasil pengujian membuktikan bahwa nilai thitung lebih besar daripada 1tabel 8,01> 1,68. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa penelitian yang dilakukan tentang korelasi keterampilan membaca pemahaman dengan keterampilan menulis teks deskripsi memiliki hubungan pada taraf siginifikan 95% yaitu thitung lebih besar daripada 1tabel dengan dk=n-1. Dengan demikian, dapat diketahui bahwa semakin tinggi keterampilan membaca pemahaman siswa akan semakin tinggi pula tingkat keterampilan menulis teks deskripsi siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 18 Sep 2019 02:49
Last Modified: 18 Sep 2019 02:49
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/23304

Actions (login required)

View Item View Item