Kontribusi Keterampilan Membaca Teks Cerita Fabel terhadap Keterampilan Menulis Teks Cerita Fabel Siswa Kelas VIII SMP Negeri 35 Padang

Astuti, Juli (2019) Kontribusi Keterampilan Membaca Teks Cerita Fabel terhadap Keterampilan Menulis Teks Cerita Fabel Siswa Kelas VIII SMP Negeri 35 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_Juli_Astuti_15016111_3071_2019.pdf

Download (727kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini ada tiga. Pertama, mendeskripsikan keterampilan membaca teks cerita fabel siswa kelas VIII SMP Negeri 35 Padang. Kedua, mendeskripsikan keterampilan menulis teks cerita fabel siswa kelas VIII SMP Negeri 3 5 Padang. Ketiga, mendeskripsikan kontribusi keterampilan membaca teks cerita fabel terhadap keterampilan menulis teks cerita fabel siswa kelas VIII SMP Negeri 3 5 Padang. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode deskriptif. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain kontribusi. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 3 5 Padang yang terdaftar pada tahun ajaran 2019/2020, yaitu sebanyak 134 orang siswa. Sampel dalam penelitian ini ditentukan dengan proportional random sampling 25% dari populasi, yaitu 35 orang siswa. Data penelitian ini berupa skor hasil tes keterampilan membaca teks cerita fabel dan skor hasil tes keterampilan menulis teks cerita fabel. Data tersebut diperoleh melalui dua jenis tes yaitu tes objektif untuk mengukur keterampilan membaca teks cerita fabel dan tes unjuk kerja untuk mengukur keterampilan menulis tekscerita fabel. Hasil penelitian ini ada tiga. Pertama, keterampilan membaca teks cerita fabel siswa kelas VIII SMP Negeri 35 Padang berada pada kualifikasi baik (B) dengan nilai rata-rata 77,55 . Kedua, keterampilan menulis teks cerita fabel siswa kelas VIII SMP Negeri 35 Padang berada pada kualifikasi baik (B) dengan nilai rata-rata 73,97. Ketiga, terdapat kontribusi kontribusi keterampilan membaca teks cerita fabel terhadap keterampilan menulis teks cerita fabel siswa kelas VIII SMP Negeri 35 Padang sebesar 67,57%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa keterampilan membaca teks cerita fabel berkontribusi terhadap keterampilan menulis teks cerita fabel. Semakin baik keterampilan membaca teks cerita fabel (X) akan semakin baik pula keterampilan menulis teks cerita fabel (Y). Dengan demikian, diperlukan keterampilan membaca yang baik agar keterampilan menulis juga baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 18 Sep 2019 02:49
Last Modified: 18 Sep 2019 02:49
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/23299

Actions (login required)

View Item View Item