Pemahaman Masyarakat dalam Pelaksanaan Adat Manyanda Oleh Masyarakat di Nagari Talang, Kabupaten Solok, Sumatera Barat

Hasmira, Mira Hasti and Susilawati, Nora and Syafrini, Delmira and Fitriani, Erda (2016) Pemahaman Masyarakat dalam Pelaksanaan Adat Manyanda Oleh Masyarakat di Nagari Talang, Kabupaten Solok, Sumatera Barat. Project Report. Jurusan Sosiologi FIS UNP, Padang.

[img]
Preview
Text
Penelitian 2016 okk.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tradisi manyanda di Nagari Talang, Kabupaten Solok, Sumatera Barat merupakan keunikan tersendiri dalam kehidupan masyarakat, yaitu sebagai salah satu bagian dari prosesi dalam adat kematian. Tradisi ini sudah ada sejak lama sebagai bagian dari struktur sosial masyarakat dan masih bertahan hingga saat ini. Namun, seiring berjalannya waktu terjadi perbedaan pemahaman mengenai tradisi manyanda dalam mansyarakat. Ditemukan bahwa ada perbedaan pemahaman antara para elit nagari yang menganggap bahwa tradisi manyanda adalah sebagai pengganti anggota keluarga yang hilang, pertahanan kohesi sosial dalam kekerabatan masyarakat, meningkatkan solidaritas sosial dalam masyarakat, dan sebagai identitas kebudayaan Nagari Talang. Sedangkan pemahaman dari masyarakat umum, yaitu masyarakat yang tinggal di Nagari Talang sendiri dan masyarakat yang merantau sama-sama menganggap bahwa Tradisi manyanda dianggap memberatkan baik dari segi materi maupun waktu, namun mereka tetap melaksanakan tapi hanya sebatas kebiasaan semata, meskipun banyak diantara mereka yang tidak mengetahui makna sesungguhnya dari tradisi ini.

Item Type: Monograph (Project Report)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
AuthorUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
AuthorUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
AuthorUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
AuthorUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi- Antropologi - S1
Depositing User: Rhavy Ferdyan, S.Sos
Date Deposited: 17 Sep 2019 07:31
Last Modified: 25 Sep 2019 03:07
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/23290

Actions (login required)

View Item View Item