Partisipasi Masyarakat Lokal Dalam Mengembangkan Kawasan Wisata Keluarga(Studi Kasus: Kawasan Wisata Pantai Purus Padang)

Susilawati, Nora and Syafrini, Delmira and Hasmira, Mira Hasti (2015) Partisipasi Masyarakat Lokal Dalam Mengembangkan Kawasan Wisata Keluarga(Studi Kasus: Kawasan Wisata Pantai Purus Padang). Project Report. Jurusan Sosiologi FIS UNP, Padang.

[img]
Preview
Text
Penelitian 2015 okk.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pembangunan dan perkembangan suatu daerah menjadi kawasan wisata tidak bisa dilepaskan dari partisipasi aktif masyarakat lokal. Hal serupa juga menjadi kajian yang sepatutnya dilakukan pada pengembangan Kawasan Wisata keluarga Pantai Purus Padang. Partisipasi aktif masyarakat lokal, dilakukan dalam tahap perencanaan maupun tahap pelaksanaan. Partisipasi masyarakat lokal tersebut diantaranya: 1) Tahap perencanaan. Pada tahap ini partisipasi masyarakat Purus diwujudkan dalam beberapa bentuk yaitu; a) Ikut serta dalam sosialisasi pengembangan wisata Purus menjadi wisata keluarga, b) Mendukung program pemerintah Purus menuju terbentuknya Pantai Wisata Keluarga. 2). Tahap pelaksanaan. Pada tahap pelaksanaan ini peran serta masyarakat lokal diantaranya; a) Masyarakat lokal sebagai prioritas utama dalam pemanfaatan pantai sebagai sumber matapencarian. b) Menjaga kelestarian pantai dari perilaku negatif pengunjung. c) Membangun image positif kawasan Purus sebagai kawasan wisata religius dan berbudaya. d) Ikut serta dalam berbagai pelatihan menuju terbentuknya masyarakat Purus yang sadar wisata. Kata Kunci: partisipasi; masyarakat local; kawasan wisata keluarga

Item Type: Monograph (Project Report)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
AuthorUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
AuthorUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
AuthorUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi- Antropologi - S1
Depositing User: Rhavy Ferdyan, S.Sos
Date Deposited: 17 Sep 2019 07:31
Last Modified: 25 Sep 2019 03:05
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/23287

Actions (login required)

View Item View Item