Faktor-faktor yang Mempengaruhi Produksi Kentang di Nagari Sungai Nanam Kabupaten Solok Menggunakan Analisis Regresi linier Berganda

Febriantoni, Febriantoni (2018) Faktor-faktor yang Mempengaruhi Produksi Kentang di Nagari Sungai Nanam Kabupaten Solok Menggunakan Analisis Regresi linier Berganda. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_02_FEBRIANTONI_1101252_4142_2018.pdf

Download (217kB) | Preview

Abstract

Kentang merupakan suatu komoditas sayuran yang memiliki peran penting dalam pemenuhan kebutuhan pangan masyarakat. Nagari Sungai Nanam merupakan salah satu wilayah di Kabupaten Solok yang memiliki potensi dalam pengembangan tanaman kentang. Hal ini dikarenakan tekstur tanah yang dimiliki cocok untuk tanaman kentang. Namun dalam pengembangannya, produksi kentang mengalami fluktuatif, disebabkan oleh beberapa faktor yang mempengaruhi produksi kentang tersebut. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui taksiran model regresi linier berganda yang menggambarkan faktor-faktor yang mempengaruhi produksi kentang dan mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi secara signifikan terhadap hasil produksi kentang di Nagari Sungai Nanam Kabupaten Solok. Jenis penelitian ini adalah penelitian terapan. Sampel dalam penelitian sebanyak 46 petani kentang. Alat pengumpul data yaitu kuesioner yang dibagikan kepada petani sebagai responden dengan menggunakan teknik snowball sampling. Data yang diperoleh kemudian diolah menggunakan analisis regresi linier berganda dengan memperhatikan faktor-faktor yang ada yaitu luas lahan (X1), jarak lahan ke sumber air (X2), jarak tanam (X3), pestisida (X4) dan penggunaan pupuk (X5). Berdasarkan hasil penelitian diperoleh taksiran model dari faktor-faktor yang mempengaruhi produksi kentang dengan menggunakan analisis regresi linier berganda adalah:

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 17 Sep 2019 07:33
Last Modified: 17 Sep 2019 07:33
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/23286

Actions (login required)

View Item View Item