Pola Komunikasi Antara Orang Manyanda Dengan Anggota Keluarga Yang Disanda Di Nagari Talang, Kabupaten Solok, Sumatera Barat

Hasmira, Mira Hasti and Gautama, Mohammad Isa (2018) Pola Komunikasi Antara Orang Manyanda Dengan Anggota Keluarga Yang Disanda Di Nagari Talang, Kabupaten Solok, Sumatera Barat. Project Report. Jurusan Sosiologi FIS UNP, Padang. (In Press)

[img]
Preview
Text
PENELITIAN 2018 ok.pdf

Download (888kB) | Preview

Abstract

Nagari Talang adalah sebuah nagari yang terdapat di kaki Gunung Talang, Kecamatan Gunung Talang, Kabupaten Solok, Sumatera Barat. Nagari yang kaya dengan tradisi dan adat istiadat ini, memiliki sebuah tradisi yang unik dan menarik terkait dengan upacara kematian. Manyanda adalah menggantikan fungsi orang yang sudah meninggal secara sosial dengan orang yang masih hidup. Manyanda ini ini dilakukan disamping untuk menggantikan fungsi secara sosial bagi yang meninggal juga membantu keluarga yang ditinggalkan agar tidak merasa sedih karena ditinggal mati oleh anggota keluarganya. Penelitian ini mendeskripsilkan bagaimana pola komunikasi antara orang yang manyanda dengan anggota keluarga yang disanda. Penelitian ini merupakan sebuah studi etnografi komunikasi. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, diperoleh data bahwa terdapat dua pola komunikasi antara orang yang manyanda dengan anggota keluarga yang disanda, yaitu 1) Pada kalangan masyarakat yang dikelompokkan pada masyarakat yang memahami tradisi manyanda dengan baik, maka pola komunikasinya berjalan 2 arah atau timbal balik dan berlangsung dalam jangka waktu yang cukup lama. 2) Pada kalangan masyarakat yang dikelompokkan pada masyarakat yang kurang memahami tradisi manyanda dengan baik, maka pola komunikasinya cenderung berjalan 1 arah dan berlangsung dalam jangka waktu yang singkat, paling lama 2 tahun saja.

Item Type: Monograph (Project Report)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
AuthorUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
AuthorUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi- Antropologi - S1
Depositing User: Rhavy Ferdyan, S.Sos
Date Deposited: 17 Sep 2019 07:31
Last Modified: 25 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/23284

Actions (login required)

View Item View Item